Akhirnya, Honda Bersedia Ganti Rangka Esaf, Syaratnya Sebagai Berikut - Kabar Surabaya

Terbaru

Saturday, August 26, 2023

Akhirnya, Honda Bersedia Ganti Rangka Esaf, Syaratnya Sebagai Berikut

Akhirnya, Honda Bersedia Ganti Rangka Esaf, Syaratnya Sebagai Berikut


Kabar Surabaya - Belakangan ini kasus patahnya rangka motor matic kendaraan merk Honda menjadi sangat viral. Awalnya ada salah satu pemilih motor Honda yang memposting kondisi motornya yang patah pada rangkanya. Postingan tersebut ternyata menjadi sangat viral dalam waktu singkat. bahkan kejadian rangka patah ini juga dialami oleh banyak konsumen motor Honda.



Selain itu, ada pula konsumen Honda yang akhirnya penasaran, kemudian memcoba untuk mengecek kondisi rangka motor yang baru saja dibelinya. Saat semua body kendaraan dibuka, terlihat rangka pada kendaraannya terdapat bintik-bintik karat pada rangka eSAF miliknya. Karat ini muncul pada titik-titik sambungan las. Beberapa merk Honda yang menggunakan rangka eSAF adalah Genio, Scoopy, Beat dan Vario.  Rangka eSAF ini mulai ditanamkan oleh Honda pada motor keluarah tahun 2019 keatas


Sampai saat ini pihak Honda sendiri menduga bahwa keropos dan patahnya rangka eSAF tersebut dikarenakan kendaraan tersebut sering digunakan dengan beban berlebihan. Selain itu, kendaraan yang berada pada sekitar kawasan laut/pantai juga bisa mempercepat terjadinya munculnya karat. Oleh karena itu, pemilik kendaraan disarankan untuk lebih sering membersihkan kendaraan setelah terkena air laut maupun setelah melewati kawasanbanjir agar tidak muncul karat.


Sebenarnya pihak Honda memberikan garansi terhadap Mesin dan Rangka motor. Untuk garansi mesin 3 tahun atau 30ribu km) tergantung mana yang lebih dulu dicapai. Sedangkan untuk garansi komponen PGM-FI (khusus untuk motor berteknologi PGM-FI) selama 5 tahun atau 50 ribu km. Selain itu Honda juga memberikan garansi kelistrikan dan rangka selama 1 tahun atau 10.000 km. Namun garansi ini berlaku jika terjadi kesalahan produksi. Apabila terjadinya karat karena faktor eksternal misalnya seperti pemakaian di wilayah dengan kadar garam tinggi, tidak tercover garansi.


Lantas, bagaimana dengan konsumen yang sudah terlanjur mengalami patah atau keropos pada rangka eSAF-nya setelah satu tahun lebih pemakaian...?. Ternyata pihsk dealer Honda bersedia untuk menganti rangka eSAF milik konsumennya yang mengalami kerusakan mesdkipun usia kendaraan sudah lebih dari satu tahun. 


Namun pembelian rangka ternyata tidak semuadah pembelian Saprepart lainnya. Hal ini mengingat pada rangka terdapat nomor yang harus benar-benar sama dengan yang tercatat di STNK. Sehingga, nantinya konsumen yang ingin membeli rangka harus menyertakan potongan nomor rangka lama untuk kemudian dicetak ulang pada rangka yang baru. 



Berikut Persyaratan untuk mendapatkan rangka baru eSHAF pada dealer Honda :

1. Uang, yang untuk mendapatkan rangka baru, tentunya konsumen harus harus menebusnya dengan dana yang cukup. Harga rangka eSHAF saat ini adalah sebagai berikut :Genio Rp 1.120.000 BeAT dan Scoopy Rp 1.150.000 Vario 160 Rp 1.370.500.  

2. Form penomoran ulang (dari diler) 

3. Fotocopy BPKB dan STNK 

4. Fotocopy KTP (nama sesuai STNK) 

5. Gesek nomor crankcase & frame body (gesek pakai kertas kuning dari kepolisian) 

6. Foto crankcase / frame body (kelihatan bagian nomornya saja), foto unit (kelihatan sisi samping dan depan) 

7. Form permohonan penomoran ulang dari konsumen 

8. Surat permohonan penomoran ulang dari kepolisian (harus detail ada nomor mesin, nomor rangka, tipe motor, dan tahun motor) 

9. Surat laporan forensik dari kepolisian (jika nomor pada crankcase / frame body tidak terbaca)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad