Begandring Soerabaia Ajak Warga Tour Sejarah, Sediakan Akomodasi Gratis - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, June 19, 2023

Begandring Soerabaia Ajak Warga Tour Sejarah, Sediakan Akomodasi Gratis

Begandring Soerabaia Ajak Warga Tour Sejarah, Sediakan Akomodasi Gratis


Kabar Surabaya - Kota Surabaya adalah kota yang penuh dengan sejarah perjuangan bangsa. Maka tidak heran apabila banyak tokoh bangsa yang muncul dari Kota Pahlawan ini. Salah satunya adalah Founder Father dari Indonesia yaitu Ir.Soekarno. Mungkin masih banyak yang tidak mengetahui, bahwasannya Ir.Soekarno merupakan Arek Suroboyo. Banyak yang mengira bahwa Presiden Pertama Indonesia ini dilahirkan di Kota Blitar.



Untuk membuka kembali fakta yang sebenarnya, bahwa Ir.Soekarno adalah Arek Suroboyo dan dilahirkan di Kota Surabaya maka Komunitas Begandring Soerabaia menggelar kegiatan yang cukup menarik. Kegiatan yang dinamakan Napak Tilas "Bung Karno Arek Suroboyo" ini mengajak pesertanya untuk mengunjungi lokasi-lokasi sejak Ir.Soekarno dilahirkan hingga akhirnya belajar ilmu politik di rumah HOS.Cokroaminoto.


Kegiatan Napak Tilas "Bung Karno Arek Suroboyo" ini terbuka bagi masyarakat Surabaya yang ingin mengetahui jejak Ir.Soekarno selama berada di Kota Pahlawan. Dalam kegiatan ini peserta diajak untuk mengunjungi SDN Sulung, dimana ayah Ir. Soekarno mengabdi sebagai guru. Sambil duduk didalam kelas, para peserta diberikan penjelasan singkat oleh Cak Topan, salah satu anggota komunitas Begandring Soerabaia mengenai perjalanan Ir.Soekarno dari beliau dilahirkan hingga menjadi Presiden.


Pada saat memasuki masa SMA, barulah Ir.Soekarno kembali ke Kota Surabaya dan menjadi anak kost di kediaman HOS.Cokroaminoto. Hal ini dijelaskan secara rinci dan runut oleh anggota Komunitas Begandring Soeroboyo yang dalam kegiatan ini bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surabaya. 


Perjalanan tour kemudian dilanjutkan di kawasan Monumen Tugu Pahlawan. Disini peserta di jelaskan mengenai sosok 6 patung yang berdiri di pelataran tugu yang didesain langsung oleh Ir.Soekarno. Ke-6 patung tersebut merupakan pemimpin pertempuran 21 hari di Kota Surabaya, yang akhirnya dinobatkan menjadi Kota Pahlawan.


Ita Pebri salah satu peserta Napak Tilas "Bung Karno Arek Suroboyo" ini mengaku senang dengan kegiatan ini. Selain menambah wawawasa, tour ini juga bisa menjadi ajang rekreasi yang sangat bernilai.

"Saya sebelumnya sudah pernah ke rumah HOS Cokroaminoto dan Tugu Pahlawan malah sering, namun baru kali ini saya bisa mengetahui secara detail cerita sejarahnya. Bahkan patung-patung yang ada di Tugu Pahlawan tadi rupanya seru juga ceritanya,"terangnya. "Semoga kegiatan ini bisa terus dilaksanakan, apalagi gratis dan masih dapat komsumsi, pokoknya kerenlah," sambungnya.


Kegiatan ini masih akan berlangsung pada hari Minggu depan (25/06/2023). Bagi masyarakat yang ingin ikut bisa mengisi form online yang ada di laman bit.ly/TapakTilasBungKarno. nantinya akan ada 2 sesi, yaitu pukul 07.00wib dan pukul 10.00wib. Kuota per-sesi hanya 40 orang, jadi siapa cepat makan dia dapat. Untuk transportasi disediakan Bus oleh Pemkot Surabaya (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad