Masjid Al Muslimun Bagikan Bingkisan Via Drive Thru Kepada Tukang Becak - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, April 17, 2023

Masjid Al Muslimun Bagikan Bingkisan Via Drive Thru Kepada Tukang Becak

Masjid Al Muslimun Bagikan Bingkisan Via Drive Thru Kepada Tukang Becak


Kabar Surabaya - Pada Bulan Ramadhan seperti saat ini, banyak pihak yang melaksanakan pembagian bingkisan kepada mereka yang membutuhkan. Salah satunya adalah Takmir Masjid Al-Muslimun Rungkut Barata Surabaya. Masjid yang berlokasi di kawasan Rungkut Menanggal ini memang memiliki banyak tradisi pemberian bingkisan atau santunan setiap Bulan Ramadhan tiba.


Bingkisan ini biasanya diberikan kepada para anak Yatim Piatu disekitar masjid, para kaum dhuafa maupun kepada para Tukang Becak yang mangkal di sekitar Perumahan Rungkut Barata Surabaya. Uniknya pada bulan Ra,adan 1444 Hijriah kali ini pemberian santunan ini dilakukan secara Drive Thru. Sesuai dengan jadwal yang ada para tukang becak ini mulai masuk ke halaman Masjid Al-Muslimun dan satu-persatu maju dengan becaknya untuk menerima bingkisan Lebaran.


Surya Sidiq, selaku Ketua Biro Sosial Masjid Al-Muslimun Rungkut Barata menjelaskan bahwa tradisi pemberian santunan kepada tukang becak ini sudah kedua kalinya dilakukan. Bingkisan in berupa sembako seperti beras, minyakgoreng, biscuit dan barang-barang lainnya. Selain dalam bentuk bingkisan, pada tahun ini para tukang becak ini juga menerima uang tunai yang dimasukkan kedalam amplop putih.

"Khusus uang ini kami mendapatkannnya dari hamba Allah yang tidak ingin disebutkan namnya," terangnya.


Para tukang becak yang mendapatkan santunan ini jumlahnya mencapai 24 orang. Mereka biasanya mangkal di kawasan Jalan Abdul Karim, Kawasan Rungkut Menanggal Harapan dan di depan Yakaya Superindo. Kebanyakan dari mereka ini sudah berusia cukup lanjut, namun masih terlihat bersemangat untuk menarik becak.


Menurut Surya, para Tukang Becak ini tidak setiap hari memperoleh penghasilan, namun mereka tetap istiqomah untuk mangkal ditempatnya. Para ibu-ibu di perumahan Rungkut Barata ini sudah memiliki nomor Telpon tukang becak langganannya. Biasanya jika ingin pergi ke Indomaret, Yakaya maupun Puskesmas, para tukang becak inilah yang mengantarkannya.  (yyan) 


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad