(Update Zona Merah) Surabaya Bertahan Zona Orange, Zona Merah Tinggal Empat Kawasan - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, September 10, 2020

(Update Zona Merah) Surabaya Bertahan Zona Orange, Zona Merah Tinggal Empat Kawasan

(Update Zona Merah) Surabaya Bertahan Zona Orange, Zona Merah Tinggal Empat Kawasan

Kabar Surabaya - Sudah satu mingguan ini Kota Surabaya masih bertahan di Zona Orange. Kondisi ini lebih baik daripada minggu-minggu sebelumnya yang sering tidak bisa bertahan lama di Zona Orange dan akhirnya kembali ke Zona Merah setelah beberapa hari. Zona Orange di Kota Surabaya ini juga ditandai dengan melandainya jumlah penambahan dari pasien positif COVID-19.

Zona Orange ini berarti resiko penularan Virus Corona di Kota Surabaya ini masuk dalam kategori sedang. Meski demikian, upaya Pemerintah Kota Surabaya untuk terus menurunkan potensi penyebaran virus di Kota Pahlawan ini tidak pernah berhenti, Pemkot Surabaya terus berupaya mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada. 

Bahkan kegiatan Operasi Pemakaian Masker juga terus digalakkan hingga ke setiap pelosok Kota Surabaya. Bagi yang kedapatan tidak memakai masker, maka siap-siap akan mendapatkan hukuman seperti Push-Up, menyapu makam pahlawan, bahkan sampai harus disita KTP selama 14 hari. Semua usaha ini terus digalakkan agar tidak banyak lagi warga Kota Pahlawan ini yang terpapar oleh Virus Corona.

Di seluruh daerah Provinsi Jawa Timur sendiri, perkembangannya juga sudah semakin positif. Berdasarkan laman https://covid19.go.id/peta-risiko milik pemerintah pusat, daerah yang masuk ke dalam Zona Merah masih menyisakan 6 daerah, yaitu Banyuwangi, Pasuruan, Kota Malang, Probolinggo, Kota Pasuruan, Sidoarjo.

Sedangkan untuk daerah yang telah masuk kedalam Zona Orange adalah Bondowoso, Jombang, Madiun, Kota Probolinggo, Ponorogo, Magetan, Gresik, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Batu, Kediri, Lumajang, Mojokerto, Tuban, Lamongan, Nganjuk, Bojonegoro, Bangkalan, Sumenep, Kota Surabaya, Trenggalek, Blitar, Malang, Jember.

Untuk kawasan yang sudah berhasil masuk ke dalam Zona Kuning atau resiko penularan virus COVID-19-nya rendah ada enam daerah, yaitu Sampang, Pamekasan, Tulungagung, Ngawi, Pacitan, Situbondo. Harapannya daerah yang berstatus Zona Kuning ini bisa berhasil menembus masuk ke Zona Hijau. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad