(Update Zona Merah) Kota Surabaya Masuk lagi ke Zona Orange, Enam Daerah lain Masuk Zona Merah - Kabar Surabaya

Breaking

Thursday, September 3, 2020

(Update Zona Merah) Kota Surabaya Masuk lagi ke Zona Orange, Enam Daerah lain Masuk Zona Merah

(Update Zona Merah) Kota Surabaya Masuk lagi ke Zona Orange, Enam Daerah lain Masuk Zona Merah


Kabar Surabaya - Perkembangan Kota Surabaya dalam menghadapi serangan Virus COVID-19 ini sebenarnya sudah sangat bagus. Setidaknya Kota Pahlawan sudah berusaha untuk keluar dari Zona Merah sesegera mungkin. Namun hal tersebut rupanya tidak bisa berjalan dengan mulus. Hal ini tampak pada peta sebaran resiko Virus Corona yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur  maupun milik pemerintah pusat.

Berdasarkan peta sebaran resiko tersebut, kondisi Kota Surabaya ini masih dibilang labil. Pada minggu lalu Kota Surabaya masih berada di kawasan Zona Merah, saat ini per-hari rabu (08/09/2020) kota Surabaya kembali keluar dari Zona Merah dan masuk kembali ke Zona Orang. Berpindahnya Zona Merah ke Zona Orang begitupun sebaliknya ini sudah berlangsung selama beberapa kali.

Namun pada update kali ini, Kota Surabaya adalah kota satu-satunya dari Zona Merah yang berhasil masuk ke dalam Zona Orange. Sedangkan Kabupaten / Kota lainnya yang minggu lalu Zona Merah tidak bereubah ke Zona orang. Bahkan ada beberapa Kabupaten / Kota lain yang menjadi penghuni Zona Merah terbaru.

dr Joni Wahyuhadi  selaku Ketua Gugus Kuratif Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur, mengungkapkan kasus seperti Kota Surabaya yang sering naik turun dari Zona Merah ke Zona Orange ini sebenarnya adalah hal yang biasa. Mengingat data yang ada memang terus diupdate setiap harinya. Data yang diupdate ini merupakan data real yang diambil dari daerah yang bersangkutan.  

“Penilaian untuk Peta (zonasi) itu ada 3 yaitu epidemiologi, surveilens serta pelayanan kesehatan. Epidemiologi ini bisa dilihat dari penambahan kasus, kematian. Hal Itu kemudian menjadi peringatan buat daerah masing-masing, karena sewaktu-waktu bisa berubah setiap pekannya. Kalau Zona merah itu risiko tinggi, jadi harus hati-hati ,” terang Joni.

Pada peta sebaran resiko penularan Virus COVID-19 yang terbaru ini,  terdapat delapan daerah dengan Zona Merah, yaitu : Kabupaten Malang, Kota Malang, Sidoarjo, Kota Pasuruan, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, Tuban, dan Banyuwangi. Untuk Banyuwangi sendiri masuk ke dalam Zona Merah karena ada klaster Pondok Pesantren yang 622 santrinya dinyatakan positif Corona. Kasus ini dinyatakan klaster terbesar di Provinsi Jawa Timur.

Sedangkan yang masuk dalam Zona Orange atau daerah dengan resiko sedang adalah : Madiun, Pamekasan, Kota Probolinggo, Bondowoso, Jombang, Magetan, Ngawi, Gresik, Kota Kediri, Ponorogo, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kediri, Lumajang, Mojokerto, Lamongan, Nganjuk, Bojonegoro, Bangkalan, Sumenep, Kota Surabaya, Probolinggo, Trenggalek, Blitar dan Jember.

Untuk daerah yang saat ini berada dalam Zona Kuning atau resiko rendah adalah : Sampang, Tulungagung, Pacitan dan Situbondo. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad