Kota Di Indonesia Yang Terdapat Pasien Diduga Terinfeksi Virus Corona - Kabar Surabaya

Breaking

Tuesday, January 28, 2020

Kota Di Indonesia Yang Terdapat Pasien Diduga Terinfeksi Virus Corona


Kabar Surabaya - Sampai saat ini penyebaran Virus Corona sudah sangat pesat. Meskipun baru terdeteksi pada awal bulan lalu, saat ini penyebarannya telah mencapai ke 13 negara. Negara yang telah terkonfirmasi terhadap Virus Corona ini adalah China, Vietnam, Thailand, Taiwan, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, Nepal, Canada, Australia, Amerika Serikat dan Perancis. 



Korban yang di timbulkan oleh Virus Corona ini tidak kalah mengerikan. Yaitu mencapai 106 jiwa meninggal dunia dan sekitar 4500 orang telah terinfeksi. Kemampuan penyebaran virus yang luar biasa ini mengakibatkan Kota Wuhan sebagai asal virus ini ditemukan akhirnya di isolasi ketat. Hal ini dikarenakan Virus Corona ini dapat menyebar melalui manusia. Padahal, awalnya penyebarannya hanyalah dari hewan ke manusia.

Lantas bagaimanakah dengan Indonesia sendiri...?. Apakah Virus Corona ini telah menyebar juga di Indonesia...?. 



Sampai saat ini di Indonesia masih belum ada konfirmasi mengenai penderita Virus Corona ini. Namun hal ini bukan berarti pemerintah tidak waspada. Kewaspadaan penuh tetap dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari pemasangan Thermal Scanner di berbagai bandara dan pelabuhan, hingga mengisolasi penderita yang di suspect terinfeksi oleh Virus Corona ini. 



Mengisolasi penderita suspect Virus Corona adalah langkah preventif untuk menghindari penyebaran virus ini. Hingga saat ini ada beberapa kota di Indonesia yang pernah merawat pasien yang diduga terserang oleh Virus Corona ini, yaitu ;

1. Sorong - Papua
Di Kawasan Indonesia timur ini ada satu WNA asal Hyuan - China yang tengah di isolasi secara intensif di RS. Sele Be Solu Kota Sorong. Pasien ini menderita demam tinggi di sertai dengan batu dan pilek. Setelah di observasi lebih lanjut, WNA ini dinyatakan bebas dari Virus Corona dan suhu tubuhnya juga sudah mulai turun. 



2. Semarang - Jawa Tengah  
Saat ini RS.Karyadi masih mengisolasi seorang pasien suspect Corona. Pasien ini adalah warga Indonesia yang baru saja pulang dari Tiongkok setelah menempuh pendidikan S-3. Setelah pulang ke Indonesia suhu badannya meninggi diserta demam dan batuk. Karena gejalanya mirip dengan Corona, maka pasien akan terus di observasi sambil menumnggu perkembangan selanjutnya.

3. Jambi - Sumatera Tengah
RSUD. Raden Mahatter saat ini juga tengah mengisolasi warga Jambi yang termasuk suspect Virus Corona. Warga Jambi ini diketahui menderita panas tinggi yang di sertai batuk dan pilek setelah pulang dari Wuhan - China. Pasien ini di rujuk pada Sabtu malam dan ditempatkan di ruang isolasi khusus. Pemeriksaan lebih lanjut terus dilakukan dengan seksama untuk mengetahui apakah penderita ini positif terserang oleh Virus Corona atau tidak.



4. Nusa Tenggara Barat
RSUD. Provinsi Nusa Tenggara Barat saat ini tengah merawat balita berusia 1.5 tahun yang menderita sakit panas tinggi 38-derajat, batuk dan kondisinya susah menelan. Balita yang merupakan warga negara asing ini berasal Hunan - China yang merupakan rombongan wisatawan yang hendak berlibur ke Gili Trawangan. Meskipun demikian, tim dokter RSUD Nusa Tenggara barat menolak kalau penderita ini dikatakan sebagai suspect Corona, karena masih akan uji laboratorium di Jakarta. namun dari perkembangannya, kondisi balita ini juga sudah mulai membaik.

5. Kabupaten Cirebon - Jawa Barat
Kota udang yang berada di Jawa barat ini juga tengah mengisolasi pasien yang dinyatakan sebagai suspect corona. Pasien ini tengah di rawat seraca intensif di RSUD Waled Cirebon. Saat ini tim dokter masih menunggu hasil uji lab dan hasil rontgen untuk memastikan apakah pasien ini positif terserang Virus Corona atau tidak. 



6. Bandung - Jawa Barat
Saat ini kota kembang Bandung tengah merawat secara intensif dua pasien yang berasal dari Dago. Kedua pasien ini adalah WNA China dan WNI yang baru saja mengunjungi Singapura. Kedua pasien ini masih akan di isolasi sambil menunggu perkembangan kesehatannya. 

7. Jakarta 
RSPI Jakarta saat ini juga mempunyai pasien yang suspect Virus Corona. Pasien ini mengalami gejala yang mirip dengan Virus Corona, yaitu demam tinggi, sesak nafas, batuk dan demam. Namun pihak Rumah Sakit masih akan melakukan uji lab lebih lanjut untuk mengetahui penyebab sakit penderita ini. Pasien ini di ketahui baru saja pulang dari China ketika menderita sakit. 



8. Surabaya - Jawa Timur
Di RSUD. Dr Soetomo juga telah merawat seorang WNA yang merupakan guru privat Bahasa Mandarin. Pasien ini masuk ke Rumah Sakit atas kemauan sendiri pada tanggal 5 Januari 2020. Meskipun tidak ada suspect terhadap Virus Corona, namun RSUD.Dr Soetomo masih memantau perkembangan pasien ini secara intensif.

Langkah meng-isolasi pasen yang dinyatakan suspect maupun di duga terserang Virus Corona ini merupakan langkah preventif yang dilakukan oleh pemerintah agar virus yang terkenal ganas ini tidak menyebar di Indonesia.

Data pasien suspect dan diduga terinfeksi oleh Virus Corona ini bukan berarti telah posistif. Namun masih akan dikaji terus perkembangannya. Saat ini Indonesia masih aman dadi paparan Virus Corona. (Yanuar Yudha)

Gambar hanya berupa ilustrasi. 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad