Surabaya Mulai Serius Kembangkan Transportasi Sungai - Kabar Surabaya

Breaking

Wednesday, September 4, 2019

Surabaya Mulai Serius Kembangkan Transportasi Sungai

Surabaya Mulai Serius Kembangkan Transportasi Sungai

Kabar Surabaya - Pada jaman dahulu Kota Surabaya sangat terkenal dengan transportasi sungainya. Hampir semua sungai di Kota Pahlawan ini menjadi jalur sibuk untuk mengangkut orang maupun barang. Salah satu sungai yang paling ramai lalu-lintas airnya saat itu adalah Sungai Kalimas, yang saat ini juga masih digunakan sebagai dermaga sandar kapal-kapal tradisional. Namun sayangnya, sejak kendaraan bermotor mulai dikenal, lambat laut kondisi transportasi sungai juga mulai tersisihkan bahkan sudah mulai dilupakan.



Mengingat sudah mulai padatnya transportasi darat saat ini, Pemerintah Kota Surabaya mulai melirik kembali ke transportasi sungai. Sejatinya, bukanlah hal yang mustahil apabila Kota Surabaya menjadikan sungai sebagai alternatif transportasi yang tentunya bakalan bebas macet. Kondisi dari sungai di Kota Pahlawan saat ini sudah lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari kebersihannya, kedalamannya maupun dari arusnya. 

Kabar seriusnya Pemkot Surabaya terhadap pengembangan transportasi air ini tampak pada media sosial dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Pada media sosial tersebut terdapat vidio yang mengambarkan animasi transportasi air yang tampak melintasi sungai Kalimas. Dalam vidio animasi tersebut, tampak rancangan perahu yang menggunakan tenaga dari sianr matahari dan berisikan banyak sekali bangku di dalamnya. Vidio animasi tersebut juga memuat keterangan mengenai adanya pengembangan jenis transportasi baru, yaitu transportasi sungai yang tujuannya untuk mengurangi kemacetan di Kota Surabaya. 


Saat ini Dinas Perhubungan Kota Surabaya tengah melakukan survey pada dua jalur sungai yang melintas di Kota Pahlawan ini. Survei awal, di lakukan di Sungai Jagir dan Sungai Kalimas. Beberapa data yang akan dikumpulkan adalah data lebar sungai, kedalaman, kecepatan arus, waktu pasang surut serta sedimentasinya.

Keempat sungai yang akan digunakan untuk project transportasi ini adalah Sungai Kalimas, Sungai Jagir, Sungai Greges dan Sungai Branjangan. Peruntukan keempat sungai tersebut juga berbeda. Sungai Kalimas akan di peruntukkan untuk angkutan penumpang, wisata dan logistik. Sungai Jagir diperuntukkan sebagai angkutan penumpang dan wisata dengan rute dari pintu air menuju ke arah timur. Sedangkan Sungai Greges dan Sungai Branjangan akan dipakai untuk angkutan barang dan logistik, seperti kontainer. 


Berdasarkan kajian yang ada, jenis perahu yang cocok digunakan untuk transportasi sungai di Kota Surabaya ini adalah yang berjenis Katamaran. Jenis perahu ini memiliki dua buah lambung dengan badan yang sedikit lebar. Jenis perahu ini lebih aman untuk di gunakan. Nantinya perahu ini memiliki sistim seperti kereta api, jadi bisa berjalan maju ataupun mndur. 

Kajian yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya ini akan selesai dalam waktu dekat, sehingga akan bisa segera ditindak-lanjuti lebih jauh lagi. Tentunya semua warga berharap agar transportasi sungai ini bernar-benar bisa terwujud. (Yanuar Yudha)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad