Cara Perpanjangan STNK 5 Tahunan Di Samsat Ketintang (ke-2) - Kabar Surabaya

Breaking

Thursday, July 18, 2019

Cara Perpanjangan STNK 5 Tahunan Di Samsat Ketintang (ke-2)

Cara Perpanjangan STNK 5 Tahunan Di Samsat Ketintang (ke-2)

Kabar Surabaya - Bagi kebanyakan orang, mengurus pembayaran pajak kendaraan adalah hal yang merepotkan. Banyak yang beranggapan kalau mau bayar pajak itu pastinya lama, ribet dan berbelit-belit. Karena alasan itulah, akhirnya banyak orang yang menggunakan biro jasa (calo) untuk mengurus pembayaran pajak kendaraannya.    



Untuk Perpanjangan STNK 5 Tahunan, caranya memang sedikit rumit apabila di bandingkan dengan perpanjangan yang satu tahun saja. Hal ini di karenakan kita harus membawa lengkap semua dokumen kendaraan yang kita miliki lengkap dengan kendaraannya. nantinya ada proses gosok nomer rangka dan nomer mesin yang harus di lakukan oleh petugas di lokasi.

Perpanjangan STNK 5 Tahunan ini harus di lakukan di Samsat yang telah di tentukan. Seperti yang admin laporkan saat ini adalah kendaraan yang melakukan Perpanjangan STNK 5 Tahunan di Samsat Ketintang. Samsat Ketintang ini melayani kendaraan wajib pajak yang tinggal di kawasan Surabaya Selatan dan sekitarnya.



Sebenarnya, beberapa waktu lalu admin sudah pernah melaporkan liputan di lokasi yang sama. namun, saat ini rupanya jalur / cara pengurusan Perpanjangan STNK 5 Tahunan di Samsat Ketintang ini berubah. Perubahannya juga cukup mencolok. Perubahan terbesar adalah ketika wajib pajak sudah masuk ke dalam gedung Samsat. 

Sebelum anda melakukan Perpanjangan STNK 5 Tahunan, siapkan dokumen yang di perlukan. Dokuemn tersebut adalah BPKB asli, STNK asli dan KTP pemilik kendaraan asli. Siapkan pula fotocopy satu lembar dari masing-masing dokumen tersebut. Jika anda akan menguruskan Perpanjangan STNK 5 Tahunan punya orang lain, pastikan anda sudah membuat surat kuasa yang di ketik kompuiter dan di lengkapi dengan materai. Tidak usah membawa map kertas, karena nanti anda akan di berikan map dari Samsat secara gratis.



Untuk lebih lengkapnya admin akan mengulasnya lagi dari awal. Tahapan-tahapan Perpanjangan STNK 5 Tahunan di Samsat Ketintang adalah sebagai berikut :

1. Loket Pendaftaran Cek Fisik
Loket Pendaftaran Cek Fisik adalah loket pertama yang harus di datangi oleh para wajib pajak yang ingin melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan. Loket ini berada di luar ruangan dan letaknya di belakang gedung Samsat Ketintang. 

Setelah masuk ke dalam kantor Samsat, segera parkirkan kendaraan di lokasi untuk penggesekan nomor rangka dan nomor mesin. Untuk roda dua lokasi penggesekan nomor rangka ada di sebelah kiri, tepat di depan loket. Sedangkan untuk roda 4 berada di sebelah kanan.



Setelah kendaraan anda terparkir dengan rapi, segera hubungi petugas yang ada di Loket Pendaftaran Cek Fisik. Di sini anda akan di minta untuk menyiapkan dokumen berupa BPKB asli, STNK asli dan KTP pemilik kendaraan yang asli ( surat kuasa). Setelah semua dokumen di cek oleh petugas cek fisik, anda akan di persilahkan untuk menuju ke Loket Formulir.

2. Loket Formulir
Loket Formulir berada di dekat pintu masuk dari Samsat Ketintang ini. Segera serahkan semua dokumen asli anda untuk di periksa. Setelah semua di nyatakan lengkap, anda akan di berikan 2 lembar formulir yang harus anda isi, map kertas dan lembar gesek untuk di serahkan kepada petugas gesek. 



3. Kembali Ke  Loket Pendaftaran Cek Fisik
Serahkan Form gesek kepada petugas agar bisa segera menggesek nomor rangka dan nomor mesin kendaraan anda. Setelah formulir anda isi lengkap dan lembar gesek sudah terisi oleh nomer rangka, maka segera pindahkan kendaraan anda ke lokasi parkir yang telah di sediakan. Setelah kendaraan anda terparkir dengan rapi, segeralah menuju ke Loket Cek fisik.

4. Loket Cek Fisik
Serahkan dokumen yang telah terisi lengkap ke Loket Cek fisik ini. Masukkan semua dokumen ke dalam map yang di sediakan dan seahkan kepada petugas di balik loket. Sebelumnya, jangan lupa untuk menuliskan Nama, Nomor Polisi Kendaraan dan Nomor handphone anda pada map tersebut. 



Di loket ini anda akan menunggusebentar di depan loket. Sayangnya di depan loket ini tidak terdapat tempat duduk, jadi anda harus menunggu sambil berdiri. Setelah semua berkas di nyatakan lengkap, maka anda akan di arahkan oleh petugas untuk masuk ke dalam gedung.

5. Loket Verifikasi
Loket Verifikasi adalah loket pertama yang harus anda datangi ketika anda sudah masuk ke dalam ruangan. Loket ini letaknya persis di sebelah pintu masuk. Letakkan berkas anda ke dalam wadah plastik yang bertuliskan pengesahan 5 tahun. lalu tunggulah sebentar pada tempat duduk yang telah di sediakan. Setelah nama anda di panggil, ambil kembali berkas anda dan segera bawa ke loket pengesahan.

6. Loket 1 (Pengesahan)
Serahkan berkas anda di loket pengesahan ini. nantinya semua berkas dikumen akan di bawa oleh petugas, baik yang asli maupun yang fotocopy. Sebagai gantinya anda akan di berikan nomor antrian untuk membayar pajak kendaraan di kasir. 



7. Kasir
Di depan kasir anda harus menunggu dulu sebelum melakukan pembayaran. Setelah nomor antrian anda di panggil, segeralah untuk melakukan pembayaran. Dari kasir ini anda akan mendapatkan surat tanda pembayaran pajak yang berwarna coklat.

8. Meja Pojok 
Dari kasir, anda akan di arahkan ke meja sebelahnya, yang letaknya di pojok. Bukti pelunasan pajak anda akan di periksa sebentar, lalu di berikan lagi. Terus terang admin kurang paham, kegunaan dari bagian ini. Setelahnya anda akan di arahkan ke loket 2.

9. Loket 2 (Penyerahan Dokumen)
Tunggulah nama anda di panggil di depan loket 2 ini. Setelah nama anda di panggil, semua berkas asli kendaraan anda akn di berikan. BPKB, STNK dan KTP semuanya akan di berikan. Ingat jangan sampai tertinggal atau tercecer ya... 


Dari meja ini admin mengira, plat Nomor kendaraan akan di berikan, ternyata TIDAK.... Anda harus mengambil sendiri Plat Nomor Kendaraan ke ruanga Workshop Cetak TNKB yang berada di luar kantor.

10. Workshop Cetak TNKB 
Ruangan Workshop Cetak TNKB berada di luar ruangan. Tepatnya ada di belakang Loket Pendaftaran Cek Fisik. Serahkan STNK anda agar di lakukan pencetakan. Waktu tunggu di Workshop Cetak TNKB ini sekitar 15 menit.


Di bandingkan dengan waktu admin melakukan repotase untuk artikel yang pertama, tahapan Perpanjangan STNK 5 Tahunan Di Samsat Ketintang (ke-2) ini lebih rumit dan agak berbelit. Apalagi harus mengambil Plat Nomor Polisi sendiri.  

Harusnya kita sebagai wajib pajak hanya mendatangi satu meja saja, lalu berkas yang bergerak. Bukannya harus mendatangi setiap meja pelayanan. Total waktu yang di butuhkan oleh admin untuk melakukan Perpanjangan STNK 5 Tahunan adalah sekitar 1,5jam.  (Yanuar Yudha) 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad