Kolaborasi 2 Wanita Super Berhasil pecahkan Rekokr MURI - Kabar Surabaya

Breaking

Thursday, May 9, 2019

Kolaborasi 2 Wanita Super Berhasil pecahkan Rekokr MURI

Kolaborasi 2 Wanita Super Berhasil Pecahkan Rekor MURI

Kabar Surabaya - Saat ini Provinsi Jawa Timur di pimpin oleh seorang wanita, yaitu Khofifah Indar Parawangsa. Begitupun Ibukotanya yang di pimpin oleh seorang wanita pula, yaitu Tri Rismaharini. Di tangan merekalah perkembangan Jawa Timur dan Kota Surabaya di pertaruhkan. Kolaborasi antar kedua wanita hebat ini akan sangat di nantikan oleh masyarakat. Nah, salah satu kolaborasi keduanya sempat di tunjukkan pada saat awal puasa 2019 lalu. Tidak tanggung-tanggung, hasilnya adalah Pemecahan Rekor MURI.



Suasana pada hari Jum'at siang (3/05/2019), di kawasan Masjid Agung Kota Surabaya sangat berbeda. Biasanya setelah Sholat Jum'at, kawasan masjid terbesar kedua di Indonesia ini langsung kembali sepi. Namun tidaklah demikian pada kali ini. Karena kali ini, Masjid yang mempunyai nama Al-Akbar ini sedang melaksanakan gawe besar, yaitu Megengan Kubro.

Sebagaimana namanya, bahwasannya event Megengan Kubro ini di laksanakan dalam rangka menyambut hadirnya bulan puasa. Megengan sendiri sebenarnya adalah kearifan lokal yang di pertahankan oleh masyarakat, khususnya masyarakt Jawa secara turun-temurun sampai saat ini. Kegiatan Megengan ini selalu identik dengan kuliner yang bernama Apem. Nah, kata Apem ini berasal dari kata Arab yang sesunggguhnya kalimatnya berbunyi Afwun, yang mempunyai arti memohon ampun atas segala kesalahan. Oleh karena itu pada saat Megengan ini, biasanya kita sering berkirim atau menerima kue apem dari tetangga sekitar.


Dalam event Megengan Kubro di Masjid Agung ini terdapat sebanyak 21ribu kue apem yang akan di bagikan kepada para pengunjung. Acara ini di buka oleh 2 Wanita Super jatim, yaitu Khofifah Indar Parawangsa dan Tri Rismaharini. Ke-21ribu kue apem ini ada yang di tata menyerupai gunungan serta ada yang di tata dalam nampan-nampan kecil.

Kegiatan yang di buka oleh kedua wanita super ini, ternyata berhasil memecahkan Rekor MURI sebagai acara penyajian kue apem terbanyak di dunia. Menurut Humas Masjid Al-Akbar, angka 21 ribu ini mempunyai arti tersendiri, Angka 2 berarti bahwa di Jawa Timur ini terdapat 2 pemimpin wanita yang hebat dan 1 merupakan simbol dari persatuan seluruh warga Jawa Timur. Apem ini langsung menjadi rebutan pengunjung Masjid Al-Akbar setelah melakukan Sholat Jum'at.


Dalam acara Megengan Kubro ini Khofifah Indar Parawangsa dan Tri Rismaharinijuga melepaskan 99 balon gas berwarna merah-putih ke angkasa. (Febrian)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad