Ambulan NETSS Siap Tangani Bayi Lahir Dengan Kasus Tertentu - Kabar Surabaya

News

Wednesday, March 20, 2019

Ambulan NETSS Siap Tangani Bayi Lahir Dengan Kasus Tertentu

Ambulan NETSS Siap Tangani Bayi Lahir Dengan Kasus Tertentu

Kabar Surabaya - Pemerintah sudah sewajibnya untuk hadir apabila warganya sedang berada dalam kesusahan. Kehadiran pemerintah haruslah terasa secara total dalam berbagai bidang, yaitu Bidang Pendidikan, Bidang Pelayanan Publik, Bidang Kesehatan dan bidang-bidang lainnya. Di bawah kepemimpinan Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Pemerintah Kota Surabaya saat ini telah memiliki pelayanan kesehatan khusus bagi warganya. Pelayanan khusus ini berupa penanganan kegawat-daruratan bayi yang baru lahir. Pelayanan khusus ini di beri nama NETSS.



NETSS merupakan singkatan dari Neotatal Emergency Transport Service Surabaya. Sistim layanan ini hadir dalam bentuk unit ambulan untuk mengurangi angka kematian bayi saat persalinan dengan kasus berat badan di bawah normal atau berat badan rendah. Pada tahun 2017 kemarin, angka kematian bayi yang baru lahir karena kasus tersebut mencapai angka 200. Hal inilah yang menjadi perhatian utama dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya untuk menurunkannya, bahkan harus bisa mencapai 0 dalam tahun-tahun mendatang. 

Karena NETSS adalah ambulan yang khusus untuk menangani bayi, maka di dalamnya juga di perlukan peratatan yang khusus. Ambulan ini memiliki berbagai peralatan yang mumpuni untuk menolong bayi yang baru lahir, seperti Incubator, Ventilator, Jalsoon Ress, T Piece Resusiator, serta berbagai peralatan penunjang dan obat-obatan yang lengkap. Selain peralatan yang lengkap, tenaga medis yang handal dan ahli di bidangnya juga telah di persiapkan guna menunjang pelayanan dari ambulan NETSS.


Kebanyakan kasus kematian bayi akibat berat badan rendah adalah karena kurangnya suplai oksigen dan kurangnya faktor kehangatan. Untuk itulah ambulan NETSS ini sangat penting untuk melakukan penyelamatan secara gawat-darurat. Saat ini, masih banyak warga yang memakai mobil pribadi untuk membawa bayi yang baru lahir apabila terjadi kasus gawat-darurat. Tentunya hal ini akan meningkatkan resiko kematian bayi di dalam perjalanan. Karena memang mobil pribadi tidak mempunyai peralatan untuk menolong bayi. 

Pelayanan Ambulan NETSS ini bisa di dapatkan bagi seluruh warga Kota Surabaya. Caranya juga cukup mudah, yaitu melalui Command Center 112. Jadi, bagi warga Kota Surabaya yang membutuhkan bantuan dari personil ambulan NETSS ini, cukup menekan nomor 112. Dalam waktu singkat armada NETSS akan meluncur ke rumah warga yang membutuhkan pertolongan. Layanan ini beroperasional selama 24 jam non-stop bagi warga yang membutuhkannya.


Kota Surabaya saat ini masih mempunyai 1 unit armada Ambulan NETSS, dan berencana akan menambah unit lagi pada tahun ini. Pusar pelayanan Ambulan NETSS ini berada di Rumah Sakit Soewandi Surabaya, namun bertahap akan di tambah hingga menjadi 5 titik yang tersebar di berbagai penjuru Kota Surabaya. (Yanuar Yudha)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad