Taman Harmoni Surabaya, Keindahan Taman Bunga Yang Instagramable Banget. - Kabar Surabaya

Breaking

Monday, December 31, 2018

Taman Harmoni Surabaya, Keindahan Taman Bunga Yang Instagramable Banget.

Kabar Surabaya - Kota Surabaya telah di kenal dengan nama Kota Pahlawan. Namun di tangan dingin Walikota Tri Rismaharini, Kota Surabaya telah mendapatkan julukan lain, yaitu sebagai kota seribu taman. Ada beragam taman yang telah di bangun di Kota Surabaya, namun, jika anda ingin berkunjung ke taman yang sangat luas dan isinya adalah ratusan jenis aneka warna bunga, datanglah ke Taman Harmoni Surabaya.

Taman Harmoni Surabaya ini terletak di Jalan Keputih Tegal Timur 2 No.249 Keputih, Sukolilo. Bila dari jalan raya, posisi taman ini berada tepat di belakang Terminal Angkot Keputih. Dari jalan raya, pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya melalui jalan masuk di antara dua hutan bambu. Lokasi parkir kendaraan di Taman Harmoni ini cukup luas untuk menampung puluhan mobil atau motor.

Sebelum di remikan sebagai taman kota pada tahun 2014, Taman Harmoni Surabaya ini dulunya adalah tempat pembuangan sampah terbesar di Surabaya Timur. Maka tidak heran bila sekarang masih terdapat bekas-bekas plastik pada gundukan tanah di taman ini. Meskipun merupakan bekas tempat pembuangan sampah, namun sudah tidak ada bau sampah sama sekali di lokasi ini.

Nantinya, keseluruhan luas dari Taman Harmoni Surabaya ini adalah sekitar 40 hektare. Saat ini yang baru terbangun dan bisa di nikmati oleh pengunjung baru seluas 8.6 hektar saja. Secara bertahap akan segera di kerjakan, sehingga nantinya Taman Harmoni Surabaya ini, akan menjadi taman bunga terbesar di seluruh dunia.

Pada saat musim liburan seperti ini, Taman Harmoni Surabaya seakan menjadi lokasi favorit bagi para wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun luar kota. Hutan bambu biasanya akan menjadi lokasi favorit pengunjung ketika pertama kali tiba di tempat ini. Lokasinya yang asri dan penataan pohon bambu yang simetris menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Apalagi di Kota Surabaya sangat jarang ada yang namanya pepohonan bambu.

Banyak sekali aktifitas yang bisa di lakukan di Hutan bambu Keputih ini. Selain bisa ber-selfie ria, pengunjung juga bisa piknik di bawah rindangnya pepohonan bamnu dengan menggelar tikar. Yang pasti pengunjung akan merasa nyaman dengan hembusan angin yang bertiup sepoi-sepoi.

Setelah puas meng-explorasi Hutan Bambu Keputih, para pengunjung bisa menjelajah ke kawasan kebun bunga yang berisaikan aneka ragam bunga warna warni. Terus terang, admin Kabar Surabaya sangat kesulitan untuk menjelaskan satu persatu ragam bunga yang ada di taman ini. Karena memang jenisnya sangatlah banyak. Menurut pengelola dari Taman harmoni Keputih, ragam bunga yang ada di kawasan ini terdiri dari, 70 jenis tanaman, 38 jenis pepohonan dan 31 jenis tanaman semak perdu. Namun setiap tahun ragam tanaman ini akan terus bertambah, karena Pemkot Surabaya bertekad menjadikan Taman Bunga Harmoni ini sebagai Taman Bunga Terbesar di dunia. Menariknya di taman bekas tempat sampah ini juga bisa di temui beberapa tanaman langka, seperti : golden, penda, sempur, kapsia, cannon ball tree dan jakaranda. 

Semua bunga di Taman Harmoni Keputih ini tampaknya memang sengaja di kelompoknkan menurut jenis dan warnanya. Sehingga tampak cantik untuk di pandang dan untuk di jadikan sebagai latar belakang foto selfie. 

Selain tanaman bunga, Taman Bunga Harmoni Keputih ini juga di lengkapi dengan beragam fasilitasnya yang cukup apik. Seperti toilet yang bersih, Musholla, Playground untuk anak serta fasilitas terapi kaki bagi pengunjung. 

Selain bunga yang berwarna-warni, para pengunjung juga di manjakan dengan fasilitas spot foto yang menarik, seperti atap semak, air mancur serta beberapa bangunan yang sangt instagramable banget. Dengan nuansa taman bunga dan beragam fasilitas yang ada, di jamin para pengunjung tidak akan bosan dan akan selalu kangen untuk ingin kembali lagi kesini. 

Taman Harmoni Keputih Surabaya memang cukup indah, namun perlu kesadaran kita untuk menjaganya. Anda tidak perlu susah-susah untuk merawatnya, namun pastikan anda mempunyai etika yang bagus apabila ingin berfoto di taman ini. Paling tidak, dengan anda tidak menginjak-injak tanaman, anda termasuk menjaga keindahan dati taman ini. 

Untuk lokasi dari Taman Bunga Harmoni Keputih Surabaya ini, bisa di pantau dari map di bawah ini ya..

(Yanuar Yudha) 
         

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad