Berwisata Alam Di Kebun Bibit Wonorejo - Kabar Surabaya

News

Saturday, December 22, 2018

Berwisata Alam Di Kebun Bibit Wonorejo

Berwisata Alam Di Kebun Bibit Wonorejo

Kabar Surabaya - Wisata yang di miliki Kota Surabaya sebenarnya tidak hanya sekedar wisata belanja ataupun wisata kuliner saja. Di tengah-tengah himpitan gedung tingginya, Kota Pahlawan ini ternyata masih memiliki banyak kawasan wisata alam yang bisa di gunakan untuk ber-rekreasi bersama keluarga. Salah satu lokasi wisata alam yang patut untuk di kunjungi adalah Kebun Bibit Wonorejo.

Sesuai dengan namanya, Kebun Bibit Wonorejo ini terletak di kawasan Wonorejo, Kecamatan Rungkut. Tepatnya berada di Jalan Raya Kendalsari Surabaya dan berada di depan perumahan Nirwana Eksekutif.

Kebun Bibit Wonorejo ini biasanya juga di sebut dengan nama Kebun Bibit 2. Hal ini di karenakan Kota Surabaya telah memiliki Kebun Bibit 1 yang sekarang telah berganti nama dengan nama Taman Flora.

Meskibun namanya kebun bibit, namun kawasan ini juga bisa di sebut sebagai taman. Kawasan Kebun Bibit Wonorejo ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Taman Aktif dan Taman Pasif yang total keduanya mempunyai luasan sebesar 5.9hektare.

Sebagai taman kota, Kebun Bibit Wonorejo ini terbilang cukup lengkap fasilitasnya. Sehingga sangat wajar bila lokasi ini akhirnya menjadi jujukan warga Kota Surabaya untuk rekreasi, olahraga maupun sekedar berfoto-foto cantik.

Kebun Bibit Wonorejo ini biasanya ramai di kunjungi pada pagi hingga siang hari. Karena memang hawanya yang masih cukup segar dan bersih. Pastikan, sebelum memasuki Kebun Bibit 2, anda sudah memarkirkan kendaraan yang ada di sebelah timur dari lokasi Kebun Bibit ini. Lokasi parkir ini terpisah dari Kebun Bibit 2 agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung yang ada di dalamnya.

Dari lokasi parkiran, pengunjung bisa berjalan kaki sekitar 10 meter untuk masuk ke kawasan Kebun Bibit Wonorejo ini. Begitu memasuki lingkungan kebun bibit ini, hawa segar nan sejuk langsung terasa. Semua hamparan pohon dan tanaman hijau tampak begitu menyegarkan mata.

Ada beberapa fasilitas yang di miliki oleh Kebun Bibit Wonorejo ini, yaitu :

1. Mini Zoo
Meskipun namanya kebun, namun kawasan ini juga mempunyai mini zoo yang berupa 3 kandang hewan. Hewan yang ada di mini zoo ini adalah jenis rusa, aneka burung serta angsa. Area ini merupakan area favorit anak-anak yang ingin mengenal binatang dengan lebih dekat. Dari pengamatan admin Kabar Surabaya, anak-anak ini tampak senang memberi makan hewan rusa ini dengan potongan rumput yang telah di sediakan oleh staff Kebun Bibit Wonorejo.    

Untuk kandang burungnya sendiri berupa sangkar besar yang berisikan burung peliharaan, seperti jalak, kutilang dan lain sebagainya.

2. Playgound Anak
Sesuai dengan namanya, kawasan ini adalah milik anak-anak. Hampir semua permainan anak ada di sini, mulai ayunan, jungkat-jungkit, prosotan, panjat tebing mini dan lain sebagainya. Karena banyaknya anak-anak yang mengunjungi Kebun Bibit 2 ini, maka Pemkot berinisiatif membangun hingga 3 kawasan Playground anak di taman ini. 

3. Taman Bunga
Taman bunga ini berada di sebelah timur dari Kebun Bibit Wonorejo. Selain berisikan banyak aneka ragam bunga, tempat ini bisa menjadi tempat istirahat setelah berjalan-jalan di taman ini. Lokasi taman bunga ini juga di lengkapi dengan terapi kaki yang di buat dari batu-batu kecil, yang sangat cocok untuk menyehatkan kaki.

4. Camping Ground
Lokasi ini berada tepat di sisi danau, dan merupakan lokasi untuk pengunjung yang akan melakukan kegiatan berkemah di Kebun Bibit Wonorejo. Camping Ground Kebun Bibit ini di lengkapi dengan lahan yang cukup lapang untuk mendirikan tenda dan tempat khusus untuk membuat api unggun. Untuk bisa menggunakan camping ground ini, pengunjung bisa melakukan registrasi di kantor kebun bibit yang ada di sebelah kanan pintu masuk. 

5. Pembibitan Tanaman
Pembibitan Tanaman ini adalah fungsi asli dari berdirinya Kebun Bibit Wonorejo ini. dari sinilah kemudia semua tanaman yang ada di taman-taman Kota Surabaya ini berasal. Di lokasi ini terdapat petak-petak bibit tanaman yang di semaikan dan siap untuk di tanam di seluruh peloasok Kota Surabaya.

6. BLC (Broadband Learning Centre)
BLC merupakan tempat pembelajaran komputer dan internet secara GRATIS. Para pengunjung bebas untuk belajar di lokasi ini dengan di dampingi instruktur yang berpengalaman di bidangnya. Pelatihan ini berlaku bagi anak-anak hingga lansia..semua bisa belajar di sini.

7. Outdoor Gym Area
Sesuai dengan namanya, area ini berisikan beberapa peralatan untuk melakukan olahraga. Peralatan yang di dominasi warna kuning ini sangat di sukai oleh para pengunjung. Saking ramainya para pengunjung harus rela antri untuk mencoba berolahraga dengan alat ini.

8. Danau
Danau yang berada di tengah-tengah Kebun Bibit Wonorejo ini merupakan lokasi paling faforit bagi para pengunjung. Di sekeliling danau ini terdapat jogging track yang bisa di gunakan untuk berlari ataupun berjalan santai mengitari danau ini. Bagi yang suka foto selfie, danau ini punya 2 buah dermaga beton yang bisa di gunakan untuk berfoto-foto. Biasanya lokasi danau ini menjadi lokasi pilihan untuk pemotretan foto pre-wedding.

9. Sentra Kuliner 
Setelah seharian berkunjung di Kebun Bibit Wonorejo, tentunya anda akan lapar dan haus. Nah, untuk menghilakan rasa dahaga dan lapar ada baiknya anda berkunjung di Sentra Kuliner yang ada di sebelah barat taman ini. Beragam makanan dan minuman siap untuk mengisi perutmu yang keroncongan agar kembali bertenaga lagi.

10. Air Langsung Minum
Bila haus melanda, jangan khawatir, Kebun Bibit Wonorejo telah menyediakan air langsung minum yang bisa di gunakan oleh para pengunjung secara gratis. Airnya langsung terasa segar.

11. Pengolahan Sampah
Unit pengolahan sampah ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Kebun Bibit 2 ini. Unit pengolahan sampah ini merupakan hasil kerjasama antara Indonesia dan Jepang. Di tempat inilah, hasil pemotongan pohon-pohon yang di lakukan oleh Pemkot Surabaya di olah untuk menjadi pupuk

Nah itu dia, beragam fasilitas yang bisa pengunjung nikmati saat berada di Kebun Bibit Wonorejo ini. Deangn semua fasilitas yang ada, tentunya menjadi tanggung jawab pengunjung juga untuk ikut serta dalam merawatnya atau paling tidak dengan cara tidak merusaknya dan selalu budayakan untuk membuang sampah pada tempatnya ya... (Yanuar Yudha)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad