Setelah Kebanjiran, Belakang Terminal Bungurasih Menjadi Lokasi Pembuangan Sampah - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, February 23, 2024

Setelah Kebanjiran, Belakang Terminal Bungurasih Menjadi Lokasi Pembuangan Sampah

Setelah Kebanjiran, Belakang Terminal Bungurasih Menjadi Lokasi Pembuangan Sampah


Kabar Surabaya - Sebuah gunungan sampah setinggi manusia dewasa menghiasi area belakang Terminal Purabaya, menutup setengah jalan perlintasan bus menuju pintu keluar. Pantauan detikJatim mencatat bahwa gunungan sampah ini telah berdiri selama beberapa bulan dan mencapai ketinggian sekitar 160 centimeter dengan panjang mencapai 30 meter.


Gunungan sampah ini tidak hanya memakan setengah jalan, tetapi juga telah menjadi sorotan warga yang merasa terganggu dengan keberadaannya. Beberapa warga yang diwawancarai, termasuk Riski, menyatakan ketidaknyamanan mereka karena gunungan sampah tersebut telah menjadi permasalahan selama sekitar 2 bulan.


"Iya (terganggu). Ini sudah ada sekitar 2 bulan. Padahal tiap hari ada petugas (yang mengangkut sampah) juga tapi masih tetap membeludak," ungkap Riski pada Kamis (22/2/2024).


Dimas, seorang penumpang dari terminal tipe A, juga mengakui keterkejutannya melihat keberadaan gunungan sampah tersebut. Ia menyoroti bahwa gunungan sampah tidak hanya menciptakan bau yang tidak enak, tetapi juga mengganggu kenyamanan penumpang di terminal.

"Kaget juga ada gunungan sampah kayak gini, jelas mengganggu ya karena baunya gak enak dan dilihat juga gak enak," kata Dimas.


Mariono, seorang petugas kebersihan di lokasi, mengungkapkan bahwa ia juga sering menerima keluhan dari warga terkait gunungan sampah ini. Menurutnya, keberadaan gunungan sampah sudah menjadi masalah selama lebih dari 2 bulan.

"Udah beberapa bulan ke belakang. 2 bulan lebih ada. Dulu ya pernah membeludak gini. Sudah pernah diangkut tapi membeludak lagi. Ini sampahnya campur, ada yang dari terminal, ada yang dari warga sekitar," ungkap Mariono.


Mariono menambahkan bahwa warga setempat banyak yang mengeluhkan bau tidak sedap dan dampak negatifnya terhadap usaha di sekitar terminal. Dia menginformasikan bahwa hanya ada 1 truk sampah per hari yang mengangkut sampah dari Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di area Terminal Purabaya, sementara jumlah sampah yang masuk setiap harinya terus meningkat. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad