Ingin Jabat 27 Tahun Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia Rusak Pagar Gedung DPR RI - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, February 1, 2024

Ingin Jabat 27 Tahun Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia Rusak Pagar Gedung DPR RI

Ingin Jabat 27 Tahun Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia Rusak Pagar Gedung DPR RI


Kabar Surabaya - Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) di depan Gedung DPR RI, Jakarta, berakhir dengan kekacauan dan ketegangan.Para peserta demo ini menuntut agar DPR segera mengesahkan Revisi UU Desa. Salah satu poin yang mereka usulkan dalam revisi tersebut adalah perpanjangan masa jabatan kepala desa menjadi 9 tahun, dengan kemungkinan menjabat selama 3 periode, yang totalnya mencapai 27 tahun.



Selain itu, Apdesi juga mendesak peningkatan alokasi anggaran desa menjadi 10 persen dari APBN. Kericuhan pecah di depan pintu gerbang utama Gedung DPR. beberapa kepala desa yang tergabung dalam Apdesi terlihat membakar kardus di lokasi tersebut. Api dari kardus tersebut mulai merambat ke atas gerbang, sementara massa lainnya memukul gerbang dengan menggunakan besi.


Tidak hanya itu, para pemimpin desa menunjukkan tindakan brutal dengan memasang tali di atas gerbang DPR RI. Tali tersebut kemudian ditarik oleh massa, namun upaya ini berhasil dicegah oleh kepolisian yang berjaga di dalam gerbang. Petugas kepolisian segera menaiki gerbang dan memotong tali tersebut.


Sebelumnya, pihak kepolisian dan TNI telah menurunkan ribuan personel untuk mengamankan demo tersebut. Total 2.304 personel gabungan ditempatkan di sekitar lokasi unjuk rasa untuk mencegah tindakan anarkisme dan memastikan keamanan selama berlangsungnya demonstrasi. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad