Guru Besar UGM Terbitkan Petisi Bulaksumur Ingatkan Presiden Pejabat Dan Aparat - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, February 1, 2024

Guru Besar UGM Terbitkan Petisi Bulaksumur Ingatkan Presiden Pejabat Dan Aparat

Guru Besar UGM Terbitkan Petisi Bulaksumur Ingatkan Presiden Pejabat Dan Aparat


Kabar Surabaya - Sejumlah akademisi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), termasuk guru besar, mengeluarkan pernyataan kritis terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dianggap melanggar prinsip-prinsip demokrasi dan keadilan sosial di Indonesia.


Dalam 'Petisi Bulaksumur' yang dibacakan, mereka menyampaikan keprihatinan terhadap dinamika politik nasional dalam beberapa waktu terakhir, dengan mempertimbangkan nilai-nilai Pancasila dan identitas UGM. Mereka mengecam tindakan menyimpang dari prinsip-prinsip demokrasi, kerakyatan, dan keadilan sosial yang dilakukan oleh sejumlah penyelenggara negara di berbagai tingkatan.




Petisi tersebut menilai tindakan tersebut sebagai bentuk penyimpangan dan ketidakpedulian terhadap prinsip-prinsip demokrasi. Mereka menekankan bahwa sebagai alumni UGM, Presiden Jokowi seharusnya menjaga nilai-nilai Pancasila dan mendukung demokratisasi sesuai standar moral tinggi, untuk mencapai tujuan pembentukan pemerintahan yang sah.




Akademisi UGM, melalui petisi ini, mendesak aparat penegak hukum dan pejabat negara yang terlibat untuk kembali pada koridor demokrasi dan memprioritaskan nilai-nilai kerakyatan serta keadilan sosial. Selain itu, mereka juga mendesak DPR dan MPR untuk mengambil sikap konkret dalam menghadapi gejolak politik demi memastikan tegaknya kedaulatan rakyat secara berkualitas dan bermartabat pada pesta demokrasi elektoral. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad