Didatangai Banser, Pengajian Dimasjid Gunung Anyar Akhirnya Terhenti, Begini Penjelasan Banser... - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, February 23, 2024

Didatangai Banser, Pengajian Dimasjid Gunung Anyar Akhirnya Terhenti, Begini Penjelasan Banser...

Didatangi Banser, Pengajian Dimasjid Gunung Anyar Akhirnya Terhenti, Begini Penjelasan Banser...


Kabar Surabaya - Kericuhan pecah di Masjid Assalam Purimas, Gunung Anyar, Surabaya, pada malam Kamis (22/2) dalam sebuah acara pengajian yang menghadirkan Ustaz Riza Syafiq Hasan Basalamah. Konflik bermula ketika Pemuda Ansor Kecamatan Gunung Anyar Surabaya menolak kehadiran Ustaz Riza sebagai pembicara.



Dalam laporan yang didapat di lokasi, penolakan ini dipicu oleh kelompok Ansor Gunung Anyar yang memiliki keberatan terhadap Ustaz Riza Syafiq Hasan Basalamah. Saat jemaah sudah berkumpul di masjid, massa Ansor datang dan situasi pun memanas dengan adanya dorongan dan pemukulan antara jemaah dan massa Ansor, yang terekam oleh kamera dan tersebar di media sosial.


Ketua PAC GP Ansor Gunung Anyar Surabaya, M Asyiqun Nahdli, membenarkan penolakan yang berasal dari pihaknya. Menurut Asyiqun, penolakan itu disebabkan oleh dugaan radikalisme yang terkait dengan Ustaz Riza Syafiq Hasan Basalamah. Pihak Ansor Gunung Anyar menegaskan penolakan ini sebagai langkah awal untuk mencegah konflik di wilayah Gunung Anyar yang dikenal sebagai pusat pesantren dengan karakter Nahdliyin.


Asyiqun menjelaskan bahwa penolakan tersebut tidak bersifat personal terhadap Ustaz Riza, melainkan lebih kepada prinsip-prinsip dakwah yang dianggap tidak sesuai. Ia menyoroti penghakiman golongan oleh Ustaz Riza sebagai salah satu alasan penolakan.


Lebih lanjut, Asyiqun membantah bahwa pihaknya membubarkan pengajian, tetapi mereka hanya menegur penyelenggara yang dianggap melanggar kesepakatan sebelumnya. Dia menambahkan bahwa ceramah Ustaz Riza dianggap bertentangan dengan ajaran aswaja yang dianut oleh masyarakat Kecamatan Gunung Anyar. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad