Dulu Mall Computer Terbesar Di Indonesia Timur, Kini Terlihat Sepi (with vidio) - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, April 3, 2023

Dulu Mall Computer Terbesar Di Indonesia Timur, Kini Terlihat Sepi (with vidio)

Dulu Mall Computer Terbesar Di Indonesia Timur, Kini Terlihat Sepi (with vidio)


Kabar Surabaya - Siapa yang tidak kenal dengan Hi-Tech Mall atau THR Mall yang ada di jalan Kusuma Bangsa Surabaya. Mereka yang lahir pada tahun 80-an sampai awal tahun 2000-an pasti pernah ke tempat ini untuk membeli Laptop atau Computer dekstop. Mall ini buka setiap hari Senin sampai Sabtu dan tidak pernah sepi dari pembeli. Pada setiap hari di bagian pengiriman sangt sibuk dengan tumpukan kardus yang akan dikirimkan.



Saking ramainya, Hi Tech Mall juga memiliki gerai fashion Ramayana di lantai dasar. Selain itu juga banyak terdapat tenant makanan dan gerai ATM dan beberapa bank besar. Maka tidak heran apabila Hi Tech Mall menjadi pusat dari penjualan Computer di Kota Surabaya. Bahkan banyak warga luar kota yang rela datang ke Mall ini untuk berbelanja kebutuhan computernya. 


Namun, petaka datang pada tahun 2017, dimana Pemerintah Kota Surabaya berencana mengalih-fungsikan Hi Tech Mall menjadi Gedung Kesenian. Sebagaimana diketahui, bahwasannya Hi Tech Mall memang dikelola oleh PT.Sasana Boga sebagai pihak yang melakukan sewa aset gedung kepada Pemkot Surabaya. Masa kontraknya habis pada tahun 2019 yang lalu. 


Alih fungsi gedung Hi Tech Mall ini tentu saja membuat banyak pedagang merasa keberatan. Pedagang beralasan Mall tersebut sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas. Namun saat itu Walikota Surabaya Tri Rismaharini tetap bersikeras untuk mengubah Mall IT terbesar di kawasan Indonesia timur menjadi gedung pusat kesenian. 


Polemik ini akhirnya berlanjut sampai Covid-19 melanda Indonesia. Akibat polemik yang berkepanjangan ini banyak tenant yang akhirnya mengalah dan memindahkan tokonya di tempat lain, seperti di BG Junction, ITC, Maspoin Square dan Plaza Marina. Hal ini akhirnya berimbas pada turunnya penjualan di Hi Tech Mall. Kondisinya-pun semakin lama semakin sepi.


Kondisi Hi-Tech Mall terbaru pada tahun 2023 ini semakin mengenaskan. Saat ini semua tenant dikumpulkan pada satu lantai saja, yaitu Lantai 2. Sedangkan lantai satu atau dasar sudah tidak digunakan lagi. Demikian juga dengan lantai 3 ke-atas, semuanya sudah tampak gelap. elevator/tangga berjalan juga tidak difungsikan lagi.


Karena lantai satu sudah tidak digunakan lagi, maka akses pengunjung ke Hi-Tech Mall sudah tidak bisa melalui pintu utama di lantai dasar. Pintu masuknya lewat samping atau di sebelah timur parkir motor. Dari pintu masuk tersebut pengunjung bisa langsung menuju ke lantai dua. 

Sumber vidio : Youtube : temanjalan

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad