Keunikan Pohon Pelangi Milik Kota Surabaya - Kabar Surabaya

Breaking

Thursday, January 9, 2020

Keunikan Pohon Pelangi Milik Kota Surabaya

Keunikan Pohon Pelangi Milik Kota Surabaya

Kabar Surabaya - Sejak ditangani oleh Walikota Tri Rismaharini, Kota Surabaya juga mendapatkan julukan sebagai kota seribu taman. Banyak taman yang di buat di seantero Kota Pahlawan ini, baik taman aktif maupun taman pasif. Beragam tanaman juga telah ditanam sebagai penghias maupun sebagai tanaman pelindung dari terik matahari.



Salah satu tanaman yang saat ini menjadi ikon dari Kota Surabaya adalah pohon Tabebuya. Pohon ini bila berbunga, mirip sekali dengan bunga Sakura yang ada di Jepang. Tidak heran, apbila pohon-pohon ini berbunga, nama Kota Surabaya menjadi viral diberbagai media sosial.

Selain Pohon Tabebuya yang cukup Nge-hits, ternyata Kota Surabaya masih menyimpan pohon yang cukup cantik dan elok. Pohon ini terbilang cukup langka dan Kota Surabaya hanya punya satu pohon saja. Pohon ini bernama Pohon Pelangi. 



Kalau sudah mendengar kata Pelangi, pastinya sudah terbayang akan warna-warni pelangi, seperti merah, hijau, biru, kuning dan lain sebagainya. Memang benar, pohon pelangi ini mempunyai warna-warni yang sangat cantik. namun warna-warni tidak terletak pada daun maupun pada bunganya, melainkan pada batang pohonnya.

Corak warna pada Pohon Pelangi ini berbentuk abstrak dan mirip corak warna yang di miliki oleh seragam TNI. Corak warna dari Pohon Pelangi ini terbentuk akibat pengelupasan kulit dari pohon tersebut. Getah dari pengelupasan kulit inilah yang kemudian membuat corak warna pada pohon unik ini.

Perbedaan warna yang terjadi ini, dikarenakan proses pengelupasan kulit yang tidak bersamaan atau secara bertahap. Saat kulit pertama mengelupas, akan meninggalkan getah yang menghasilkan warna merah. Saat kulit tersebut mengelupas lagi akan menimbulkan getah yang meninggalkan warna biru, dan begitu seterusnya. 



Pohon Pelangi ini mempunyai nama lain Mindanao Gum. Sesuai dengan nama tersebut, pohon bercorak unik ini berasal dari Hutan Mindanao Philipina. Sedangkan nama latin dari Pohon Pelangi ini adalah Eucalyptus Deglupta. Pohon ini termasuk dalam keluarga pohon kayu putih, meskipun tidak menghasilkan minyak kayu putih.

Di Indonesia sendiri, sebaran Pohon Pelangi ini banyak ditemukan di kawasan Sulawesi. Sedangkan di Kota Surabaya ini, masyarakat bisa menjumpai pohon unik ini di kawasan Kebun Bibit Wonorejo yang berada di Kecamatan Rungkut. Pohon Pelangi yang ada di kebun Bibit ini merupakan Pohon Pelangi satu-satunya yang dimiliki oleh Kota Surabaya.



Pohon Pelangi yang dimiliki oleh Kota Surabaya ini terletak di dekat pintu masuk dari Kebun Bibit Wonorejo. Pohon ini memiliki tinggi 15 meter dengan diameter sepanjang 30 centimeter. Karena merupakan satu-satunya Pohon Pelangi yang ada di Kota Surabaya, petugas Kebun Bibit Wonorejo senantiasa menjaga pohon ini dengan baik. 

Menurut petugas Kebun Bibit Wonorejo, pohon ini merupakan koleksi yang sangat langka, oleh karena itu benar-benar sangat di jaga. Untuk perawatannya sendiri, terbilang cukup mudah, karena hanya perlu pemupukan secara rutin dan penyiramam sekali dalam sehari.



Pohon Pelangi ini awalnya di datangkan untuk ditanam di trotoar. Namun, karena ukurannya yang bisa menjadi besar, serta tidak mempunyai bunga, maka penanaman ini dibatalkan. Akhirnya Pemerintah Kota Surabaya memutuskan untuk menggantinya dengan Pohon Tabebuya. (Yanuar Yudha)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad