Fasilitas Public Surabaya Dilengkapi Alat Pacu Jantung - Kabar Surabaya

Breaking

Friday, December 13, 2019

Fasilitas Public Surabaya Dilengkapi Alat Pacu Jantung

Fasilitas Public Surabaya Dilengkapi Alat Pacu Jantung

Kabar Surabaya - Jantung adalah salah satu organ vital yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Apabila kesehatan jantung bermasalah maka akan sangat berbahaya bagi pengidapnya. Penyakit gangguan jantung sendiri masih tercatat sebagai pembunuh nomer satu bagi umat manusia. Julukannya sendiri adalah Silent Killer. Hal ini karena titik kritis penyakit jantung ini sangatlah cepat. Dalam jangka waktu lebih dari 10 menit apabila tidak tertangani maka penderita jantung akan langsung meninggal dunia. Karena itulah akhirnya Pemkot Surabaya berinisiatif untuk memasang alat pacu jantung di beberapa fasilitas publik yang ada dikota ini.


Alat pacu jantung ini bernama AED (Automatic External Defibrilator). Alat ini berfungsi untuk mensimulasi detak jantung pada seseorang yang mengalami serangan jantung mendadak. Alat ini nantinya bisa langsung digunakan oleh tenaga ahli yang telah dilatih guna menyelamatkan seseorang dari gangguan jantung.

Dinas Kesehatan Kota Surabaya sebagai penanggung jawab dari Alat AED ini menjelaskan bahwa alat ini merupakan langkah preventif yang sangat penting bagi seseorang yang terkena serangan jantung mendadak. Bagaimanapun juga tindakan preventif jauh lebih efektif dari pada mengobati.


Dalam prakteknya, alat ini nantinya bisa digunakan sewaktu-waktu sambil menunggu ambulance datang ke lokasi kejadian. karena bagaimanapun juga, pihak ambulance pasti membutuhkan waktu untuk sampai ke lokasi. Dengan alat pacu jantung AED ini maka bisa dilakukan tindakan pendahuluan terlebih dahulu.  Biasanya, serangan jantung mendadak ini terjadi pada kasus orang tenggelam, Shock berat, kecelakaan atau penyakit jantung bawaan. 

Pada tahap pertama ini, Pemerintah Kota Surabaya telah menyediakan 16 unit alat pacu jantung AED yang pasang di 16 lokasi umum. Lokasi yang telah terpasang AED adalah, Gedung Pemkot Surabaya lantai 1 dan lantai 6, Kantor Bappeko, Balai Pemuda, Gedung DPRD Kota Surabaya, Gedung Balai Kota lantai 2, Gedung Nasional Indonesia, Taman Bungkul dan Tugu Pahlawan.


Selain lokasi diatas, alat ini akandipasang juga di UPTSA Timur, Sentra Ikan Bulak, Siola lantai 1,2 dan 3, Convention Hall dan THP Kenjeran Surabaya. Kedepannya nanti akan dilakukan evaluasi, jika memang diperlukan, semua fasilitas publik akan dilengkapi dengan alat pacu jantung AED ini. (Yanuar Yudha)  

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad