Parade Surabaya Juang 2019 Segera Digelar - Kabar Surabaya

Breaking

Friday, November 1, 2019

Parade Surabaya Juang 2019 Segera Digelar

Parade Surabaya Juang 2019 Segera Digelar

Kabar Surabaya - Bulan November adalah bulan yang spesial bagi warga Kota Surabaya. Karena dibulan inilah julukan Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan berasal. Kota Pahlawan ini berasal dari perjuangan penuh Nyali Wani Arek-Arek Suroboyo dalam mempertahankan kotanya dari gempuran tentara sekutu. Mekipun hanya bersenjatakan seadanya, Arek-Arek Suroboyo pantang untuk menyerah, padahal saat itu Kota Surabaya dibumi hanguskan dengan persenjataan lengkap dan modern, mulai dari laut darat dan udara. Meskipun akhirnya rakyat Surabaya kalah, namun sekutu mengatakan bahwa mereka berada di perang neraka, bahkan Jendral besar mereka, yaitu mallaby juga tewas di Kota Surabaya.



Agar Arek-Arek Suroboyo saat ini tidak lupa akan sejarah pertempuran 10 November 1945, Pemerintah Kota Surabaya selalu melaksanakan event besar setiap tahunnya. Event besar dan kolosal ini adalah Parade Surabaya Juang 2019. Setiap tahunnya, event ini selalu di tunggu-tunggu oleh warga Kota Surabaya dan sekitarnya.

Pada tahun ini, Parade Surabaya Juang akan berlangsung pada hari Sabtu tanggal 9 November 2019. Meskipun dilaksanakan pada hari Sabtu, Pemkot Surabaya tetap optimis kalau event ini akan di hadiri oleh banyak masyarakat. Hal ini dikarenakan pada hari Sabtu tersebut telah ditetapkan sebagai hari libur nasional (Hari Maulid Nabi Muhammad SAW).



Parade Surabaya Juang 2019 ini, nantinya akan melintasi rute mulai Tugu Pahlawan hingga ke Taman Bungkul. Rute dari Parade Juang ini akan melewati lokasi - lokasi yang mempunyai nilai sejarah yang berkaitan dengan peperangan 10 Npvember 1945. Seperti Tugu Pahlawan, Alun-Alun Contong, Jalan Tunjungan, Viaduk, Jalan Polisi Istimewa dan masih banyhak lagi lainnya. 

Rute lengkap dari Parade Surabaya Juang 2019 ini adalah Tugu Pahlawan - Jl.Kramat Gantung - Jl.Tunjungan - Jl.Gubenur Suryo - Jl.Panglima Sudirman - Jl.Urip Sumoharjo - Jl.Darmo - finish Taman Bungkul.



Event Parade Surabaya Juang 2019 ini akan menghadirkan peserta dengan jumlah yang lebih banyak daripada tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari parade drumband sekolah kedinasan Aagkatan Laut , Brimob dan Aangkatan Udara. Pasukan Paskibraka Kota Surabaya, Para Veteran Kota Surabaya, Komunitas pecinta sejarah kemerdekaan dan masih banyak lagi lainnya, Parade ini nantinya juga akan menghadirkan beberapa alat tempur yang sesungguhnya, seperti Tank, Panser Truk, Jeep dan masih banyak lagi lainnya.

Nantinya di setiap titik-titik tertentu akan ada Teatrikal Perang Perjuangan yang akan melibatkan beragam komuitas. Drama perjuangan ini akan dibuat semeriah mungkin dengan dentuman meriam, bom asap dan suara-suara senapan. Sehingga akan membawa penonton serasa kembali ke-zaman perang kemerdekaan.



Walikota Surabaya Tri Rismaharini juga tidak mau ketinggalan untuk memeriahkan Event Parade Surabaya Juang 2019 ini. Rencananya orang nomor satu di Kota Surabaya ini akan berpidato dan membaca puisi tentang kemerdekaan.

Bagi masyarakat yang ingin menonton secara langsung, harap memperhatikan arahan dari para petugas. Jangan melintas garis pembatas yang telah dipasang demi keselamatan bersama. Untuk kantong parkir, bisa menggunakan Gedung Siola, Pasar genteng, Tunjungan Plaza, Delta Plaza dan beberapa kantong parkir lainnya. 



Ayo tonton keseruannya, dan jangan telat ya..karena acara akan dimulai tepat pada pukul 07.30wib.  (Yanuar Yudha)  

1 comment:

Post Bottom Ad