Ayo Nonton Langsung Teatrikal Peristiwa Perobekan Bendera - Kabar Surabaya

Breaking

Friday, September 13, 2019

Ayo Nonton Langsung Teatrikal Peristiwa Perobekan Bendera

Ayo Nonton Langsung Teatrikal Peristiwa Perobekan Bendera

Kabar Surabaya - Kota Surabaya adalah kota yang penuh dengan aksi heroisme para Pahlawannya. Hal inilah yang akhirnya membuat kota ini dijuluki sebagai Kota Pahlawan. Banyak sekali kisah perjuangan para Pahlawan yang terjadi di kota yang saat ini dipimpin oleh Tri Rismaharini ini. Salah satunya yang paling fenomenal adalah peristiwa Perobekan Bendera yang terjadi di Hotel Yamato.



Peristiwa perobekan bendera ini, merupakan cikal bakal dari terjadinya pertempuran 10 November 1945. Di pertempuran inilah, sejatinya arek-arek Suroboyo bisa menghancurkan tentara Sekutu yang ingin kembali menjajah Indonesia yang saat itu sudah dalam keadaan merdeka. 

Untuk memperingati kejadian bersejarah ini, setiap tahunnya Pemerintah Kota Surabaya melakukan aksi Teatrikal Peristiwa Perobekan Bendera. Aksi teatrikal ini diperingati di tempat asli terjadinya aksi perobekan bendera tersebut. Aksi teatrikal ini akan dilaksanakan di Hotel Majapahit Kota Surabaya.


Hotel Majapahit yang terletak di Jalan Tunjungan ini merupakan salah satu hotel tertua dan paling bersejarah di Kota Surabaya. Di atas atapnyalah kisah perobekan bendera tersebut terjadi. Saat itu Arek-Arek Suroboyo dengan alat seadanya, mencoba naik ke atas atap hotel. Dengan menggunakan tangga bambu yang di sambung-sambung warga Kota Surabaya naik untuk menyobek warna biru Bendera Belanda, agar menjadi bendera yang berwarna Merah dan Putih.

Aksi Teatrikal Peristiwa Perobekan Bendera ini, akan menyertakan ribuan peserta yang berasal dari berbagai sekolah dan anak-anak teater. Acara ini juga akan menghadirkan para Veteran, TNI, Kepolisian serta relawan yang lain. Aksi ini akan merekonstruksi aksi perobekan bendera seperti yang terjadi pada 74 tahun silam. Nanti juga akan ada para peserta yang memerankan diri sebagai Rakyat Surabaya, para Pejuang serta para tentara Jepang dan tentara Belanda.

Sebelum acara Teatrikal Peristiwa Perobekan Bendera ini di mulai, terlebih dulu akan dilaksanakan upacara bendera di depan Hotel Majapahit. Rencananya, upacara ini akan dipimpin langsung oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini.


Agenda pelaksanaan Teatrikal Peristiwa Perobekan Bendera ini akan dilangsungkan pada hari Kamis tanggal 19 September 2019. Demi kelancaran event bersejarah ini, maka jalan Tunjungan akan di tutup hingga acara selesai. Jalur yang di tutup mulsai dari Siola hingga Hotel Majapahit.

Bagi warga Kota Surabaya yang biasanya melewati jalan ini, diharaplan bisa mencari jalur alternatif, Bagi yang ingin menyaksikan dari dekat acara bersejarah ini, bisa datang ke depan Hotel Majapahit mulai pukul 08.00wib hingga selesai. (Yanuar Yudha)   

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad