Pawai Ogoh-Ogoh Siap Di Laksanakan - Kabar Surabaya

News

Tuesday, March 5, 2019

Pawai Ogoh-Ogoh Siap Di Laksanakan

Pawai Ogoh-Ogoh Siap Di Laksanakan

Kabar Surabaya - Kota Surabaya di kenal dengan kota yang warganya hidup rukun dengan menjunjung tinggi rasa toleransi. Meskipun di Kota Pahlawan ini terdapat beragam suku dan Agama, namun semuanya bisa hidup rukun dan saling menghormati satu sama lainnya. Bahkan jika ada salah satu umat beragama merayakan hari besarnya, umat agama yang lain biasanya juga ikut menyemarakkannya. Salah satunya adalah kegiatan Pawai Ogoh - Ogoh Surabaya.


Ogoh - Ogoh sendiri sebenarnya memiliki makna penggambaran hal - hal buruk / Sifat -Sifat buruk yang ada di dalam diri manusia. Oleh karena itu pada akhir acara, Ogoh - Ogoh ini akan di bakar. Pembakaran ini menjadi simbol pelenyapan sifat-sifat buruk di dalam diri manusia .  

Pawai Ogoh - Ogoh Surabaya pada tahun ini akan di laksanakan pada hari Rabu tanggal 6 Mei 2019. Sedangkan menurut kalender umat Hindu pada tahun ini adalah tahun saka 1941. Pawai Ogoh - Ogoh ini akan di langsungkan mulai pukul 14.30wib hingga selesai. Biasanya pawai Ogoh - Ogoh ini akan berakhir pada saat hari sudah mulai gelap. Hal ini akan membuat Ogoh - Ogoh yang di bakar akan menjadi sangat dramatis.


Acara Pawai Ogoh -Ogoh yang akan di laksanakan ini di perkirakan menjadi event yang terbesar di Jawa Timur. Karena acara ini akan di hadiri oleh lebih dari 2000 umat Hindu yang berasal dari Kota Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Lamongan dan sekitarnya. Dan yang paling spektakuler adalah jumlah Ogoh -Ogoh yang akan di bawa dalam acara ini. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, yaitu 12 Ogoh - Ogoh. 

Rute dari pawai Ogoh - Ogoh ini agak sedikit berbeda dengan tahun lalu. Rute yang di lewati sekarang ini di mulai dari Pura Segara Kenjeran menuju ke Jl. S.Memet Kenjeran. Dari jalan ini Ogoh -ogoh akan di bawa ke Jl. Gading pantai dan di teruskan ke Jalan Kenjeran. Dari sini Pawai Ogoh - Ogoh akan berakhir masuk kembali ke Pura Segara dengan melewati jalan Wiratno. 


Bagi anda yang sering melewati jalur-jalur tersebut, segera mencari jalur alternatif. karena di perkirakan jalur tersebut akan di tutup sementara waktu hingga pawai ogoh _ogoh ini selesai.(Yanuar Yudha)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad