Mengurus Perpanjangan SIM Di Mall Pelayanan Publik - Kabar Surabaya

News

Tuesday, February 19, 2019

Mengurus Perpanjangan SIM Di Mall Pelayanan Publik



Mengurus Perpanjangan SIM Di Mall Pelayanan Publik

 Kabar Surabaya - Pada awal tahun ini tentunya kita akan di sibukkan dengan segala hal yang bersifat administrasi. Termasuk di dalamnya juga pembayaran administrasi tahunan. Salah satu hal administrasi yang harus kita bayar tahunan untuk proses perpanjangan adalah Surat Ijin Mengemudi (SIM). 

Perpanjangan SIM ini sifatnya wajib bagi anda yang setiap harinya menggunakan kendaraan untuk beraktifitas. Bagi sebagian orang, proses perpanjangan SIM ini sangatlah ribet. Selain memakan waktu banyak kita juga harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Hal inilah yang kemudian banyak melahirkan calo-calo yang siap untuk membantu proses perpanjangan SIM ini.



Sebenarnya pihak yang berwenang sudah mengupayakan agar masyarakat tidak menggunakan jasa calo untuk mengurus dokumen apapun, termasuk memperpanjang SIM ini. Salah satu caranya dengan membuka beberapa gerai perpanjangan SIm di beberapa tempat. Untuk Kota Surabaya sendiri, terdapat beberapa gerai lokasi perpanjangan SIM yang bisa di akses oleh masyarakat yang hendak memperpanjang SIM yang di milikinya. Gerai perpanjangan SIM tersebut berada di :
  1. JX International Convention Exhibition yang ada di Jl. Akhmad yani no.99 Kota Surabaya
  2. Taman Bungkul Di Jalan Darmo (khusus SIM luar kota)
  3. SIM Coerner di Mall Tunjungan Plaza
  4. Mobil Sim Keliling
  5. Mall Pelayanan Publik di gedung Siola
  6. Satpas Colombo di Tanjung perak Surabaya   

Kali ini kabar Surabaya akan memberikan informasi tentang bagaimanakah cara mengurus perpanjangan SIM di mall pelayanan Publik yang ada di gedung Siola Kota Surabaya. Lokasi ini sangat rekomended banget. karena selain di sini enggak pakai antri, lumayan murah dan setelah mengurus perpanjangan SIM kita masih bisa berjalan-jalan di dalam gedung ini.

Cara memperpanjang SIM A dan C adalah sama, yang berbeda hanya tarifnya saja. Sebelum kita akan mengurus cara perpanjangan SIM ini, ada beberapa dokumen yang harus kita persiapkan. 

1.) Surat keterangan sehat dari dokter umum / Puskesmas setempat. Untuk mengirit biaya lebih baik pilih Puskesmas saja. Pengalaman admin, kemarin hanya perlu membayar Lima Ribu Rupiah saja. Untuk surat keterangan sehat ini kita memerlukan 1 lembar untuk setiap SIM yang akan di perpanjang. Jadi apabila anda akan mengurus perpanjangan SIM A dan B secara bersamaan, maka memerlukan 2 lembar surat keterangan sehat.  



      Ada beberapa test yang perlu di lakukan untuk mendapatkan surat sehat ini, yaitu : 
  • pengukuran fisik tubuh, dengan cara mengukur tinggi dan berat badan. 
  • Pengukuran Tekanan Darah
  • Test kesehatan mata dengan cara menebak angka.
      Jika anda telah lulus, maka anda berhak mendapatkan Surat Keterangan Sehat.

2.) Siapkan dokumen penunjang, yaitu SIM dan KTP asli beserta fotocopy-nya masing-masing 1 lembar

3.) Dana untuk proses perpanjangan SIM sebesar, Rp 75.000 untuk SIM C, dan Rp 80.000 untuk SIM A

Lokasi dari perpanjangan SIM ini terletak di lantai 1, tepat berada di depan Museum Surabaya. Ruangannya cukup luas, nyaman dan pasti hawanya sejuk karena ada hembusan AC. 



Proses perpanjangan SIM ini juga cukup singkat. Hal ini di buktikan oleh admin Kabar Surabaya yang telah membuktikan kenyamanan dan kecepatan dari proses pengurusan perpanjangan SIM ini. Tidak sampai 15 menit, SIM baru telah sampai di tangan. Untuk urut-urutan prosesnya adalah sebagai berikut :
  1. Serahkan semua dokument yang anda bawa, yaitu : Surat Keterangan sehat, Fotocopy KTP dan Fotocopy SIM yang akan di perpanjang kepada petugas.
  2. Lakukan pembayaran dana untuk perpanjangan SIM, Biaya perpanjangan SIM biasanya akan di tambahkan biaya Asuransi (optional). Namun jika kita tidak menghendaku, maka biaya asuransi tidak akan di kenakan. 
  3. Mengisi data pribadi pada formulir yang di berikan
  4. Setelah formulir selesai di isikan, serahkan kepada petugas, lalu kita akan bersiap untuk foto SIM
  5. SIM telah jadi 

 Bagi anda yang ingin mengurus perpanjangan SIM bisa datang ke Mall Pelayanan Publik ini. Untuk jam operasional dari pengurusan SIM ini adalah sebagai berikut : 
  • Senin s/d Kamis pukul 08.30 s/d 16.00 Wib
  • Jum'at pukul 08.30 s/d 15.30 Wib 
  • Sabtu pukul 08.30 s/d 11.30 Wib
  • Hari Minggu dan Libur Nasional Tutup 

Selain untuk perpanjangan SIM di lokasi ini juga melayani pembuatan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). (Yanuar Yudha)

14 comments:

  1. Maaf min. Perpanjangan sim ini untuk sim wilayah surabaya saja atau seluruh Indonesia. Terimakasih ��

    ReplyDelete
  2. Disana nggak ada klinik/dokter nya min? Spy skalian bikin surat ket. Sehat di satu tempat.

    ReplyDelete
  3. Kalau luar kota bisa nggak ngurus di kota lain min maaf numpang info

    ReplyDelete
  4. Apa bulan ramadhan jam operasional tetap???

    ReplyDelete
  5. Perpanjangan SIM masih buka ya

    ReplyDelete
  6. di sini hanya ada sim saja..ga ada dokter..

    untuk luar kota bisa di lokasi taman bungkul

    perpanjangan sim masih buka..

    ReplyDelete
  7. Saya kecewa Sengaja di bilang 1 hari lagi baru bisa perpanjang padahal 5 hari lagi sim mati.saya sudah ijin tidak masuk kerja.mohon aturan yg di buat jgan di langar supaya rakyat menghormati kepolisian.klu mau cari duit membodohi rakyat biar lewat calu atu suruh buat baru jgn begini caranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bos sekarang ďbatasi ini barusan saya pulang dari SIM Corner Tunjungan Plaza pas udh sampek sana ďtolak katanya hanya utk SIM yg mati sampai tgl 8 juli dan SIM saya mati tgl 10 juli padahal saya udah ambil cuti kerja trnyata sia2 sampek sana ďtolak.
      Mohon peraturan ďnormal kan sperti dulu agar antrian tidak mengular panjang

      Delete
    2. setahu saya semua sim corner & keliling cuma bisa 4 hari sebelum mati simnya, kalau di satpas colombo bisa 14 hari sebelum mati simnya

      Delete
  8. KTP luar kota (jatim) cuma bisa di bungkul aja kah? :(

    ReplyDelete
  9. Bayarnya tunai bisa apa tidak...?
    Dengar2 pembayaran harus menggunakan breeze (kartu electronic ),benarkah ini ?
    Mohon pencerahannya...

    ReplyDelete

Post Bottom Ad