Penghargaan Guangzhou Award Yang Penuh Dengan Drama - Kabar Surabaya

Breaking

Monday, December 10, 2018

Penghargaan Guangzhou Award Yang Penuh Dengan Drama

Penghargaan Guangzhou Award Yang Penuh Dengan Drama

Kabar Surabaya - Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwasannya pada bulan ini Kota Surabaya kembali berhasil menyabet salah satu penghargaan internasional. Penghargaan ini berbeda dengan penghargaan yang biasanya di terima oleh Kota Pahlawan sebelumnya. Karena penghargaan yang bernama Guangzhou Award ini juga melibatkan peran serta masyarakat secara langsung. Hal inilah yang kemudian membuat perolehan penghargaan Guangzhou Award ini menjadi penuh drama di dalamnya.

Penghargaan Guangzhou Award merupakan pernghargaan yang di berikan kepada kota yang memiliki inovasi dan menerapkan pembangunan yang harmonis serta berkelanjutan. Penghargaan yang di prakarsai oleh World Association of the Major Metropolises (Metropolis), United Cities and Local Governments (UCLG) dan Pemerintah Kota Guangzhou ini adalah Guangzhou Award ini sudah berjalan di tahun ke-4. Pada tahun ke 4 pelaksanaannya ini, Kota Surabaya bisa berhasil masuk ke final dan harus berhadapan dengan 15 kota besar di dunia. Ke 15 kota besar tersebut adalah 
  1. Yiwu (China)
  2. Wuha (China)
  3. Mezitli (Turkey)
  4. Sydney (Australia)
  5. Surabaya (Indonesia)
  6. Salvador (Brazil)
  7. Kazan (Rusia)
  8. Milan (Itali)
  9. Repentigny (Kanada)
  10. New York (USA)
  11. Durban (Afrika Selatan)
  12. Santa Ana (Costa Rica)
  13. Utrecth (Belanda)
  14. Santa Fe (Argentina)
  15. Guadalajara (Mexico)
Sebelumnya Kota Surabaya tidak pernah berhasil masuk ke final, namun dengan tema pengelolaan sampah yang ada di pusat pemilahan sampah di kawasan Jambangan, Kota Surabaya akhirnya berhasil mencuri perhatian dari juri Guangzhou Award. 

Penghargaan Guangzhou Award ini rupanya cukup unik juga, karena harus melibatkan peran serta warga net untuk melakukan voting. Karena memang penentuan akhirnya adalah jumlah voting terbanyak yang di lakukan oleh warga net. Semua drama kemenangan Guangzhou Award ini berawal dari voting ini.

Sejatinya, pada awalnya pihak Pemerintah Kota Surabaya juga tidak mengetahui jika Kota Surabaya berhasil masuk ke peringkat 15 besar. Pihak pemkot justru di beritahu oleh pihak lain. Setelah mendapatkan pemberitahuan tersebut Pemkot Surabaya langsung bergerak untuk menyebarkan informasi ini kepada masyarakat melalui media-media yang di milikinya. 

Selain media dari pemerintah Kota Surabaya. media milik warga Surabaya ikut serta berjuang untuk membuat Kota Surabaya menjadi juara di peringkat-1. Seperti Fan page Pesona Suroboyo, Kabar Surabaya, Surabaya Digital City (SDC) dan lain sebagainya. Meskipun beragam media, namun isinya sama, yaitu mengajal masyarakat guna melakukan voting sebanyak-banyaknya untuk Kota Surabaya. 

Dalam hitungan jam,  ajakan untuk vote ini langsung menyebar ke seluruh warga Surabaya lewat beragam media sosial, seperti whatsaapp, IG, Twittwer, Facebook dan lain sebagainya. Dengan masifnya penyebaran ini, Kota Surabaya yang tadinya berada di peringkat ke tiga, langsung naik ke peringkat pertama.

Namun perang voting tidak usai di sini. Kedudukan peringkat pertama ini lalu di geser kembali oleh China dengan jumlah voting yang lebih banyak. Tapi, bukan warga Surabaya kalau gampang menyerah. Dalam waktu 1 hari kemudian Kota Surabaya berhasil masuk ke peringkat pertama lagi. Hal ini terus menerus terjadi hingga hari terakhir batas waktu pemberian vote.

Drama adu vote ini akhirnya berakhir dengan kemenangan Kota Surabaya dengan vote sebanyak  1.504.535. Peringkat berikutnya di raih oleh Kota Yiwu China dan Santa Fe Argentina. 

Setelah memastikan kalau Kota surabaya berhasil menenyabet Guangzhou Award sebagai kota terpopuler, Walikota Surabaya langsung terbang ke Guangzhou untuk memberikan paparan. Di dalam vlognya Walikota Surabaya Tri Rismaharini juga mengucapkan terimakasih atas dukungan dan perjuangan atrek-arek Suroboyo dalam kemenangan ini. "Ini adalah kemenangan untuk semua warga Surabaya". (Yanuar Yudha))

1 comment:

  1. Alhamdulillah proud of you Surabaya....
    Surabaya is the best

    ReplyDelete

Post Bottom Ad