Masjid Al-Muslimun Selenggarakan Qurban Praktis, Daging Langsung Diantar Kerumah - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, June 29, 2023

Masjid Al-Muslimun Selenggarakan Qurban Praktis, Daging Langsung Diantar Kerumah

Masjid Al-Muslimun Selenggarakan Qurban Praktis, Daging Langsung Diantar Kerumah


Kabar Surabaya -  Perayaan Hari Raya Idul Adha selalu identik dengan pemotongan hewan qurban. Maka tidak heran apabila pada hari Kamis (29/06/2023) ini hampir semua orang sibuk untuk mengolah daging qurban seperti Sapi dan Kambing. Selain dibagikan kepada para peng-Qurban, daging juga disebarkan ke warga di sekitar masjid.



Hal ini juga yang dilakukan oleh Masjid Al-Muslimun Surabaya. Masjid yang berada di Perumahan Rungkut Barata ini kembali menerima hewan Qurban dari warga sekitar. Pada tahun ini, total terkumpul Hewan Qurban Sapi sebanyak 21 ekor. Untuk setiap ekornya merupakan patungan sebanyak 7 orang dengan masing-masing senilai Rp 3.250.000. 


Uniknya, sebagaimana tahun sebelumnya, Takmir Masjid Al - Muslimun sepakat untuk melakukan pemotongan hewan qurban di Rumah Potong Hewan (RPH) yang berada di kawasan Krian. Selain lebih praktis dan lebih cepat, faktor perolehan daging qurban juga menjadi pertimbangan yang utama. Hal ini dikarenakan para pekerja di RPH sudah sangat mumpuni untuk meotong hewan ternak, terutama sapi.


Untuk pembagian daging qurbannya sendiri, sudah dikelompokkan menurut kriteria yang telah ditentukan, yaitu untuk peng-qurban akan mendapatkan daging tanpa tulang seberat 5kg. Sedangkan yang dibagikan kepada warga ada yang Ring 1 untuk warga di Perumahan Rungkut Barata seberat 1 kg daging utuh tanpa tulang. Kemudian ada juga bagi warga diluar perumahan Rungkut Barata yaitu bingkisan seberat 0.5kg daging ditambah 0.5kg tulang berdaging seperti iga. 


Kecepatan proses pemotongan hewan qurban ini memang menjadi atensi dari seluruh panitia Idul Adha.  Tujuannya memang agar semua daging qurban visa tersalurkan ke warga sesegera mungkin. Oleh karena itu, di RPH sendiri, pemotongan hewan qurban dilakukan dengan sangat cepat. Setiap pemotongan ada 5 ekor sapi yang disembelih dalam waktu yang bersamaan. 


Setelah itu daging langsung dipisahkan dan jeroan langsung direbus. Pada pukul 10.00wib semua sapi telah dipotong. Setelah dikemas, sebagian daging qurban langsung dikirm ke Surabaya dan sampai kepada warga pada pukul 11.00wib. Sedangkan sebagian lagi dikirim pada pukul 14.00wib dan diterima warga sebelum adzan Ashar berkumandang. Semua daging qurban dikirim ke Surabaya dengan Truk berpendingin (Cold Storage Truck).


Rizki Rahmadianti, selaku Panitia mengungkapkan, bahwa pemotongan hewan Qurban ke RPH ini sudah berjalan beberapa tahun ini. Pada awalnya memang dikarenakan adanya Pandemi Covid 19 yang pemerintah akhirnya melarang melakukan penyembelihan di masjid.  Hal ini kemudian diteruskan sampai sekarang, karena memang banyak keuntungannya daripada melakukan penyembelihan sendiri.


"Awalnya memang saat Covid, kemudian jadi kebiasaan karena memang sangat praktis dan efisien. Memang ada biaya tambahan, namun kami bisa menekannya dengan cara membali sapi langsung dari peternak di Bojonegoro, " terang Rizki 


Menurut Rizki, setiap tahunnya pelaksanaan qurban di RPH selalu di evaluasi. Hingga akhirnya seperti hari ini yang pelaksanaannya cukup cepat. Hal ini dikarenakan persiapannya sudah H-1 sebelum pemotongan. Jadi, semua barang sudah diantarkan ke RPH sehari sebelumnya, termasuk sapi yang sudah datang pada malam harinya. Sehingga saat hari H, semua sudah siap. (yyan) 


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad