Ikuti Jejak IKN, Ibukota Jatim Bakal Pindah Ke Kabupaten Malang..? - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, June 14, 2023

Ikuti Jejak IKN, Ibukota Jatim Bakal Pindah Ke Kabupaten Malang..?

Ikuti Jejak IKN, Ibukota Jatim Bakal Pindah Ke Kabupaten Malang..?


Kabar Surabaya - Sebagaimana diketahui bersama, bahwa Kota Surabaya adalah Ibukota dari Provinsi Jawa Timur. Seperti halnya DKI Jakarta, sebagai Ibukota temtunya Kota Surabaya memiliki beberapa persamaan. Seperti Jumlah penduduk yang amat padat, kemacetan lalu-lintas saat jam kerja, serta beberapa kondisi lainnya yang memiliki kesamaan. 



Kalau Ibukota Negara akan dipindahkan ke Kalimantan Timur, demikian halnya dengan Ibukota Provinsi Jawa Timur. Ibukota Jawa Timur di wacanakan juga akan mengalami nasib yang sama, yaitu di pindahkan. Sejatinya wacana ini sudah mulai digaungkan sejak tahun 2019 lalu. Eantah siapa yang mewacanakan, namun Sanusi, selaku Bupati Malang mendukung keras wacana tersebut.


Bupati Sanusi memaparkan, bahwa Kabupaten Malang telah memiliki segalanya yang bisa menopangnya menjadi Ibukota untuk Provinsi Jawa Timur yang baru. Beberapa diantaranya adalah Jalan Tol yang sudah terbangun. Exit tolnya ada di daerah Lawang, Singosari dan Pakis. Selain itu juga Malang juga dikenal sebagai kota pelajar-nya Provinsi Jatim. Hal ini dikarenakan Kabupaten Malang banyak memiliki Universitas yang berkualitas baik.


Mengenai sistim transportasi, Kabupaten Malang juga memiliki Terminal Bis, Bandara Udara Abdul Rahman Saleh hingga Kawasan Sendang Biru yang nantinya akan dipermak menjadi dermaga Nasional. Sedangkan untuk tempat wisata, jangan ditanya lagi, Kabupaten Malang kaya akan tempat wisata alam maupun non alam yang cantik.


Menurut Bupati Sanusi, jika memang wacana ini akan direalisasikan, pihaknya telah siap sepenuhnya. Saat ini SDM di wilayahnya juga telah sanggup dan mumpuni untuk melakukan hal tersebut. Hal ini juga diamini oleh Kepala LLDIKTI VII Wilayah Jawa Timur, dimana Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA memberikan pernyataan yang sama dengan Bupati Sanusi. 


Menurutnya, jika Kabupaten Malang dilihat dari Sumber Daya Manusia (SDM) sudah layak dijadikan Ibu Kota. "Potensinya sudah ada, dari hasil akademik saya, di Kabupaten Malang ini sudah banyak kampus yang didirikan dan kualitasnya sangat baik. Jadi memang sudah layak dari segi SDM-nya untuk menunjang sarana dan pra sarana sebagai ibu kota," tandasnya saat menghadiri acara peresmian Monumental Gate Kampus II ITN Malang. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad