Festival Rujak Uleg Segera Ramaikan Kota Surabaya - Kabar Surabaya

News

Tuesday, January 29, 2019

Festival Rujak Uleg Segera Ramaikan Kota Surabaya

Festival Rujak Uleg Segera Ramaikan Kota Surabaya

Kabar Surabaya - Setiap kota di Indonesia ini pastilah mempunyai kuliner khasnya masing-masing. Hal ini seperti yang di miliki oleh Kota Surabaya dengan memiliki kuliner khas berupa Rujak Uleg. Untuk lebih membawa kuliner Rujak Uleg ke kancah dunia, Pemerintah Kota Surabaya selalu menyelenggarakan Festival Rujak Uleg pada setiap tahunnya.

Warga Surabaya sendiri tentunya sudah sangat mengenal kuliner yang bernama Rujak Uleg ini. Mungkin sebagian orang ada yang menyebutnya sebagai Rujak Petis atau Rujak Cingur. Namun semuanya merupakan kuliner yang sama. Kuliner ini terdiri dari campuran sayuran, buah-buahan dan daging yang berasal dari bagian bibir atau hidung sapi. Semua bahan-bahan itu kemudian diaduk dan di campur dalam ulekan lalu di siram dengan bumbu petis berwarna hitam kecoklatan yang rasanya sangat legit. Kalau bahan-bahan sudah tercampur, di jamin akan menimbulkan selera yang membuat siapa saja menjadi menelan ludah bila melihatnya. 


Pada tahun ini Pemerintah Kota Surabaya mempunyai jadwal yang cukup unik dan berbeda. Jika pada tahun-tahun sebelumnya Festival Rujak Uleg selalu di selenggarakan untuk memeriahkan Ulang Tahun Kota Surabaya, kali ini Festival Kuliner Khas Kota Surabaya ini akan di laksanakan pada bulan Maret 2019. Bisa jadi penyelenggaraan Festival Rujak Uleg 2019 kali ini di karenakan untuk mengganti gagalnya penyelenggaraan Festival Rujak Uleg tahun lalu, karena peristiwa meledaknya bom di beberapa gereja di Kota Surabaya. 

Festival Rujak Uleg 2019 ini, nantinya akan di laksanakan pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2019. Meskipun di laksanakan di awal tahun, namun Pemerintah Kota Surabaya menjamin akan membuat Festival Rujak Uleg 2019 ini lebih meriah dan lebih spektakuler lagi. Akan ada banyak atraksi yang mengikuti Festival kuliner ini nantinya. 

Yang cukup menaril dari Festival Rujak Uleg ini sebenarnya adalah atraksi dari para peserta itu sendiri. Para peserta ini nantinya akan mengenakan kostum yang unik-unik dan setiap kelompok akan menyuguhkan atraksi dan yel-yel yang cukup atraktif. 

Bagi para penonton, anda tidak perlu kuatir, karena nantinya akan ada ratusan porsi Rujak Uleg yang siap di sajikan secara gratis. Rujak Uleg untuk para penonton ini akan di berikan setelah tim juri melakukan penilaian terhadap para peserta.


Saat ini Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya telah mulai membuka pendaftaran bagi para peserta Festival Rujak Uleg 2019 ini. Peserta Festival Rujak Uleg 2019 ini terbuka untuk seluruh warga Kota Surabaya. Baik dari kalangan Pegawai Pemkot maupun peserta umum. Pada festival kali ini, Pemerintah Kota Surabaya akan menyediakan total hadiah sebesar Rp. 97.500.000. Hadiah ini tentunya sangtlah besar dan akan sangat rugi apabila kita tidak ikut serta dalam festival ini.

Bagi warga Kota Surabaya yang ingin ikut serta dalam Festival Rujak Uleg 2019, caranya sangat mudah. Pendaftaran sebagai peserta Festival di buka pada tanggal 7 Januari 2019 dan akan di tutup pada tanggal 15 Februari 2019. namun apabila kuota telah terpenuhi, akan bisa di tutup lebih cepat. Jadi kalau anda berminat untuk mendaftar, segera lakukan sekarang, jangan sampai ketinggalan. 

Lokasi pendaftaran Festival Rujak Uleg ini adalah kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisatta Kota Surabaya yang ada di gedung Siola lantai 2 Jalan Tunjungan 1-3. Untuk persyaratannya adalah sebagai berikut :  
  1. Peserta berbentuk kelompok dengan 6 orang, nantinya ke 5 peserta akan ngulek rujak, sedangkan 1 orang akan di ikutkan dalam parade fashion
  2. Menyerahkan Fotocopy KTP (semua peserta) dan Surat tugas dari Instansi (bagi pegawai Pemkot atau BUMN)
  3. Setiap kelompok harus menyiapkan kostum unik dan yel-yel (nanti akan di nilai secara terpisah)  
  4. Peserta harus membawa bagan rujak dan peralatan sendiri

  5. Setiap kelompok di haruskan menampilkan kekompakan gerak, kostum unik, dan yel-yel
  6. Setiap kelompok harus membuat 5-6 porsi rujak uleg (1 porsi akan berikan kepada juri, dan 5 porsi akan di berikan kepada penonton) 
  7. Semua proses pendaftaran ini besifat GRATIS dan tidak di pungut biaya apapun.
  8. Narahubung : 081938368595 (S.Nursyamsiah), Dwi Leksono (081212195191)
Bagi anda yang ingin menyaksikan Festival Rujak Uleg sekaligus pengen mencicipi kuliner khas Surabaya ini, silahkan untuk datang langsung ke Jalan Kembang Jepun Kota Surabaya (Kya-Kya). Jangan terlambat, karena festival ini akan di mulai tepat pada pukul 08.00wib. (Yanuar Yudha)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad