Dihajar Badai Hujan Es Selama 2 Jam, Sidoarjo Porak-Poranda, Berikut Data Kerusakannya - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, February 27, 2024

Dihajar Badai Hujan Es Selama 2 Jam, Sidoarjo Porak-Poranda, Berikut Data Kerusakannya

Dihajar Badai Hujan Es Selama 2 Jam, Sidoarjo Porak-Poranda, Berikut Data Kerusakannya


Kabar Surabaya - Pihak BMKG Juanda Sidoarjo telah memperingatkan semua pihak, bahwa pada Bulan Februari 2024 ini musim hujan akan mencapai klimaknya. Kemudian perlahan akan turun pada bulan Maret dan April sampai masuk ke peralihan musim kemarau. Oleh karena itu, Curah hujan dan angin kencang akan mencapai titik tertingginya pada bulan ini.


Hal ini seperti yang terjadi di Sidoarjo pada hari Senin (26/02/2024) kemarin. Dimana hujan beserta angin kencang menerjang Sidoarjo pada pukul 14.30.wib hingga pukul 16.00wib. Akibatnya, beberapa lokasi di Kota Udang tersebut porak poranda, termasuk sebuah Mall yang mengalami kerusakan fasad kaca hingga hancur berkeping-keping akibat terjangan hujan es. 



Berikut data kerusakan di Sidoarjo selama terjangan hujan es dan angin kencang "

1. Kerusakan Bangunan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo mencatat dampak dari cuaca buruk yang melanda pada Senin (26/2/2024) sore. Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan kerusakan pada sejumlah bangunan, terutama rumah-rumah di beberapa wilayah.tercatat sebanyak 39 rumah mengalami kerusakan ringan. Selain itu, 3 rumah kos dan 1 fasilitas umum juga mengalami kerusakan serupa.

Rumah-rumah yang terdampak antara lain berada di Desa Suko, dengan 2 rumah rusak ringan di RT 10 RW 03, 4 rumah di RT 11 RW 03, dan 1 rumah di RT 12 RW 03. Di Desa Kebonagung, terdapat 6 rumah rusak ringan di RT 58 dan 17. Sementara di Kelurahan Magersari, sebanyak 16 rumah mengalami kerusakan di RT 11-13 RW 04. Desa Cemengbakalan melaporkan 2 rumah rusak ringan.

Desa Sidokepung juga tidak luput dari dampak buruk cuaca ini, dengan 4 rumah dan 2 rumah kos rusak ringan di RT 18 RW 04, 2 rumah di RT 19 RW 04, serta 1 rumah dan 1 rumah kos di RT 08 RW 02. Di Desa Sarirogo, satu rumah dan balai desa juga mengalami kerusakan ringan.


2. Pohon Tumbang

Selain bangunan rusak, BPBD Sidoarjo mencatat adanya 16 pohon tumbang. Lokasi-lokasi yang terkena dampak antara lain di depan Kantor BPKAD Kecamatan Sidoarjo, Jalan Wisma Sarinadi, Jalan Raya Ponti, Desa Cemengbakalan RT 11 RW 02, Perum Sidokare, Jalan Raya Sumput, Dusun Luwung, Pagerwojo (2 pohon tumbang), Jalan Raya Taman Pinang (2 pohon tumbang), dan Jalan Raya Jati (5 pohon tumbang).

Kemudian di depan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Sidoarjo, terdapat pohon yang tumbang. Selain itu pohon tumbang terlihat di Cemengkalang. dan Sarirogo. Ada juga laporan masuk mengenai pohon tumbang di depan Lippo Mall Sidoarjo. dan exit tol Sidoarjo, di mana jumlahnya mencapai lima pohon tumbang.

Tidak hanya itu, AKP Sugeng Sulistyono, Wakasatlantas Polresta Sidoarjo, juga memberikan informasi bahwa kejadian serupa terjadi di depan Polresta Sidoarjo dan di depan Rumah Sakit (RS) Delta Surya.



3. Kaca Mall Hancur Berantakan

Selain itu, cuaca ekstrem ini juga menyebabkan kerusakan pada gedung Lippo Plaza Sidoarjo. Hujan disertai angin kencang mengakibatkan 10 bidang kaca di sisi luar gedung tersebut pecah. Kejadian ini menyebabkan pecahan kaca menyebar di halaman mal dan area parkir.

Direktur Mall Lippo Sidoarjo, Erick Richardo, mengonfirmasi bahwa 10 bidang kaca di fasad samping gedung mal pecah akibat hujan es yang diiringi angin kencang. Pihak manajemen mall segera bertindak cepat untuk membersihkan pecahan kaca dan memasang kaca baru demi keamanan pengunjung mal. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad