Transportasi MRT Surabaya Bakal Hubungkan 5 Kampus Ini - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, June 6, 2023

Transportasi MRT Surabaya Bakal Hubungkan 5 Kampus Ini

Transportasi MRT Surabaya Bakal Hubungkan 5 Kampus Ini


Kabar Surabaya - Sebagai kota terbesar kedua setelah DKI jakarta, Kota Surabaya masih berupaya untuk membenahi sistim transportasi publiknya. Sebagaimana diketahui bersama, bahwasannya saat ini Kota Pahlawan telah memiliki beberapa moda transportasi publik yang cukup nyaman untuk ditumpangi. Sebut saja Suroboyo Bus dan Wira-wiri Suroboyo.



Selain kedua alat transportasi yang telah eksis tersebut, Kota Surabaya juga masih akan menambah ragam transportasinya. Salah satunya adalah Mass Rapid Transit (MRT). Sebenarnya transportasi MRT ini sudah mulai diwacanakan oleh mantan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Namun karena terkendala pandemi Covid-19 akhirnya rencana ini harus tertunda.


Saat ini wacana mengenai MRT kembali digaungkan oleh Walo Kota Surabaya Eri Cahyadi. Hal ini disampaikannya saat pidato di Hari Jadi Kota Surabaya ke 730. Rupanya, adanya MRT ini bukanlah sekedar wacana lagi. Seperti yang disampaikan juga oleh Nyono, selaku Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), bahwa MRT untuk Kota Surabaya bukanlah sekedar wacana. 


Nyono mengaku sudah banyak melakukan komunikasii dengan Wali Kota surabaya mengenai pengadaan MRT ini. Rutenya sendiri akan melintang dari kawasan Surabaya Timur ke Surabaya Barat. Nantinya akan ada beberapa kampus di Surabaya yang akan dijadikan tempat transit. Beberapa kampus tersebut adalah Unair, Unesa, ITS, UPN, hingga UINSA 


Rencananya, Stasiun Gubeng Surabaya akan menjadi centre hub MRT di Surabaya. Posisi Stasiun Gubeng ini seperti hub MRT di Cilandak, Jakarta Selatan. 

"JICA (Japan International Cooperation Agency) juga telah menyelesaikan kajiannya juga. Jadi, MRT Surabaya ini bukanlah sekadar mimpi, bakal terealisasi kok," tegas Nyono. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad