Mata Pelajaran PPKn Resmi Di Hapus !!, Di Ganti Mata Pelajaran Ini - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, July 12, 2022

Mata Pelajaran PPKn Resmi Di Hapus !!, Di Ganti Mata Pelajaran Ini

Mata Pelajaran PPKn Resmi Di Hapus !!, Di Ganti Mata Pelajaran Ini


Kabar Surabaya - Pada jadwal kalender pendidikan yang telah dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan, sebagian besar sekolah akan  memulai tahun ajaran baru pada tanggal 18 Juli 2021. Nantinya semua siswa akan dihadapkan kembali dengan mata pelajaran yang baru. Mengingat mereka telah naik kelas atau masuk ke jenjang pendidikan yang tingkatannya lebih tinggi. Pada tahun ajaran baru ini Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi akan menerapkan kurikulum baru, yaitu kurikulum Merdeka Belajar.



Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dengan kurikulum ini, dapat membantu guru untuk memilih berbagai perangkat ajar untuk menyesuaikan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.


Pada Kurikulum Merdeka Belajar ini, Kemendikbudristek menyatakan sudah tidak lagi memasukkan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPkn) didalamnya. Mata pelajaran ini sudah resmi dihapus pada tahun 2022. Namun pemerintah telah menyiapkan mata pelajaran baru yang serupa, yaitu Pendidikan Pancasila. 


Nama dari mata pelajaran tersebut sebenarnya sudah tidak asing bagi mereka generasi 80'an. Karena dahulu ada yang namanya mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP). Pada saat itu buku paketnya merupakan pinjaman dari perpustakaan sekolah dengan sampul bergambar burung Garuda (Pancasila). Lantas seiring perkembangan jaman diganti namanya menjadi PPKn 


Pada kurikulum Merdeka Belajar ini tambahan mata pelajaran Pendidikan Pancasila ini nantinya akan diajarkan ke semua jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi (mulai PAUD hingga Universitas). Mata pelajaran tersebut adalah Pelajaran Pancasila. Dengan demikian semua anak didik akan mendapatkan mata pelajaran Pancasila secara merata, namun tetap akan disesuaikan porsinya menurut tingkat pendidikannya.


Target yang ingin dicapai oleh pemerintah dengan mata pelajaran Pendidikan Pancasila ini adalah bahwa peserta didik serta mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan seharihari. Dimana nantinya penerapannya akan dilakukan dengan cara belajat yang menyenangkan. karena itulah ciri dari kurikulum Merdeka Belajar yang sesungguhnya.   

Dalam penerapan mata pelajaran baru tersebut, terdapat komitmen pemerintah untuk mengimplementasikan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 nengenai Standar Nasional Pendidikan. Pendidikan Pancasila ini nantinya akan diterapkan pada Kurikulum Merdeka Belajar mulai tahun ajaran 2022-2023 dan akan diterapkan pada 140.000 lebih satuan Pendidikan di Indoensia.


Mata Pelajaran Pancasila sendiri nantinya akan membahas seputar pengembangan kepribadian yang menjelaskan mengenai landasan dan tujuan, sejarah paham kebangsaan indonesia, pancasila sebagai sistem filsafat, pancasila sebagai ideologi nasional bangsa dan negara indonesia, Pancasila dalam konteks kenegaraan RI, pancasila sebagai etika politik dan pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad