Masjid Al-Muslimun Distribusikan Ribuan Pax Daging Qurban Kepada Masyarakat - Kabar Surabaya

Terbaru

Sunday, July 10, 2022

Masjid Al-Muslimun Distribusikan Ribuan Pax Daging Qurban Kepada Masyarakat

Masjid Al-Muslimun Distribusikan Ribuan Pax Daging Qurban Kepada Masyarakat


Kabar Surabaya -  Pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah tahun ini Pemerintah Kota Surabaya mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan qurban melaui Rumah Potong Hewan (RPH) terdekat. Hal ini dikarenakan adanya pandemi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sedang mewabah. Bahkan Provinsi Jawa Timur termasuk salah satu kawasan yang paling tinggi terpapar oleh virus yang mematikan bagi hewan ternak seperti sapi dan kambing.

 


Imbauan dari Pemkot Kota Surabaya ini sudah disampaikan melalui surat edaran Walikota yang dikeluarkan beberapa hari sebelum perayaan Hari Raya Idul Adha 2022. Masjid Al-Muslimun Rungkut Barata termasuk salah satu masjid yang yang mengikuti imbauan tersebut. Oleh karena itu, pada tahun ini Masjid yang terletak di Kelurahan Rungkut Menanggal Surabaya Timur ini melakukan penyembelihan dan pengemasan hewan qurban di RPH kawasan Krian - Sidoarjo

 

Kegiatan penyembelihan hewan qurban ini dilaksanakan setelah Sholat Ied tepat pada pukul 07.00wib (10/07/2022). Sebagian pihak panitia yang bertugas berangkat lebih dulu ke lokasi pada pukul 05.00wib dan disusul oleh sebagian panitia pada pukul 08.00wig setelah melaksanakan Sholat Ied. Total ada sekitar 20 panitia yang bertugas pada tahun ini, termasuk bagian distribusi yang bertugas mengantarkan daging qurban ke rumah warga.

 

Pada tahun ini terdapat 20 ekor sapi yang disembelih, berasal dari 140 orang peng-qurban. Pihak panitia memang membatasi jumlah hewan qurban yang diterima demi menjaga kualitas dan kecepatan distribusi daging qurban. Selain itu hewan qurban yang dibuka pendaftarannya hanyalah untuk sapi. Hal ini dikarenakan proses penyembelihan di RPH yang hanya menerima hewan sapi saja.


Mengenai daerah asal sapi, Tjatur Ketua Takmir Masjid Al-Muslimun mengungkapkan bahwa semuanya diambil dari daerah yang bebas virus PMK. Ke-20 sapi tersebut beli dari pedagang yang memang sudah dikenal, sehingga bisa dipercaya. Kesemuanya diambil dari Kabupaten Bojonegoro. Secara penampakan, besaran sapi ini sangat bervariasi, namun setiap sapi memiliki bobot 300kg keatas. Berat sapi memang sangat diperhatikan, karena sangat menentukan besaran daging qurban yang akan diperoleh.

 

Pada pukul 14.00wib, semua proses pemotongan dan pengemasa daging qurban telah selesai dilakukan dan langsung dibawa ke Surabaya dengan menggunakan mobil Cold Storage. Tepat pukul 14.30wib, mobil pengantar daging qurban sudah sampai di halaman belakang Masjid Al-Muslimun dan langsung dibongkar muatannya oleh para Remaja Masjid untuk kemudian dihitung kembali sebelum di bagikan kepada warga.

 

Kategori daging qurban yang dibagikan ini terbagi dalam 3 bagian. Pertama daging khusus untuk peng-qurban yang terdiri dari daging kualitas baik ditambahkan dengan organ seperti paru atau hati. Sedangkan untuk warga Perumahan Rungkut Barata masuk dalam kategori kedua yang berisikan daging seberat 1kg dan dikemas dalam kotak plastik Selain itu masih ada kategori tiga yang di khususkan kepada warga di luar perumahan yang mengajukan permohonan kepada Masjid Al-Muslimun. Kategori ketiga inilah paling banyak jumlahnya. 

 

Tjatur,  mengungkapkan bahwa pada tahun ini daging yang dibagikan mencapai 2000 pax lebih.

"Ini merupakan tahun ketiga kami melaksanakan penyembelihan hewan qurban di RPH, Alhamdullilah semua berjalan dengan lancar dan sesuai dengan target yang diharapkan," terang Tjatur. 

 

Sedangkan untuk tahun depan, Tjatur mengaku akan berembuq lagi dengan para jama'ah, namun bisa jadi masih akan melakukan di RPH lagi. Menurutnya ada beberapa keuntungan dengan melakukan penyembelihan di RPH, selain praktis dan efisien, pengelolaan limbahnya seperti darah kotoran jeroan bisa langsung diatasi dengan baik. Sebab hal tersebut biasanya sangat merepotkan saat melakukan penyembelihan sendiri di masjid. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad