5 Pantangan Keras Pada malam Saru Suro, Jika Dilanggar Akibatnya Bisa Fatal - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, July 28, 2022

5 Pantangan Keras Pada malam Saru Suro, Jika Dilanggar Akibatnya Bisa Fatal

5 Pantangan Keras Pada malam Saru Suro, Jika Dilanggar Akibatnya Bisa Fatal


Kabar Surabaya - Tanggal 30 Juli 2022 mendatang, tepat pada hari Sabtu, akan diperingati sebagai Tahun Baru Islam atau dalam kalender Islam dikenal dengan peringatan 1 Muharam. 1444H. Sedangkan dalam kalender Jawa, sehari sebelumnya (29 Juli 2022) mendatang dikenal dengan sebutan Malam 1 Suro. Malam 1 Suro sendiri merupakan malam tahun baru dalam Kalender Jawa yang menjadi hari pertama dalam bulan Suro. 



Berdasarkan kepercayaan masyarakat Jawa tradisional, malam 1 Suro merupakan malam keramat, terlebih jika jatuh pada hari Jumat. Kondisi ini bakal terjadi pada hari Jum'at mendatang, oleh karena itu banyak pihak yang mengingatkan akan kekeramatan Malam Satu Suro mendatang. Waktu awal dari malam Satu Suro sendiri akan dimulai setelah waktu Maghrib.


Saking keramatnya, pada Malam Satu Suro mendatang nanti, terdapat pantangan-pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh mereka yang mempercayainya. Jika pantangan ini dilanggar diyakini akan memberikan musibah bagiyang melanggarnya. Berikut 5 pantangan yang tidak boleh dilakukan pada Malam Satu Suro

 

1. Melakukan Perjalanan Jauh

Malam Satu Suro merupakan malam yang dipenuhi oleh banyak energi negatif. Energi negatif ini selalu bergentayangan yang berpotensi mencelakakan manusia. Oleh karena itu, jika tidak ada hal yang penting atau mendesak, masyarakat diharapkan untuk berada didalam rumah saja, Pada tahun ini ada 3 pemilik weton yang harus waspada, yaitu  Sabtu Pahing, Selasa Pon dan Minggu Legi.


2. Berkata Kasar Atau Kejelekan

Menjaga ucapan atau lisan menjadi hal yang juga harus benar-benar dilakukan pada Malam Satu Suro. Karena pada hari tersebut, semua ucapan buruk yang terlontar akan bisa menjadi kenyataan dan menimpa kepada pengucapnya sendiri.


3. Membangun atau Merenovasi Rumah

Merenovasi atau membangun rumah juga hal yang dilarang pada Malam Satu Suro. Apabila rumah masih dalam masa renovasi atau pembangunan, maka kegiatan tersebut wajib dihentikan untuk sementara. Jika dilakukan banyak orang percata kegiatan tersebut bisa mengakibatkan ketidakharmonisan rumah tangga.

 

4. Pindah Rumah

Selain merenovasi rumah, pindah rumah atau menempati kediaman baru juga bisa mendatangkan musibah bagi yang melakukannya. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan untuk menunda kegiatan tersebut setelah Malam Satu Suro nanti.

 

5. Menikah

Prosesi Pernikahan dan sejenisnya seperti ijab kabul maupun Resepsi juga pantang dilakukan pada Malam Satu Suro. Hal ini dipercaya bisa menyebabkan kejadian buruk atau kesialan kepada mempelai yang baru saja menikah. (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad