Tunjungan Plaza Terbakar : Saat Berbuka Puasa Langsung Terlihat Asap Hitam Pekat Masuk Ruangan - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, April 13, 2022

Tunjungan Plaza Terbakar : Saat Berbuka Puasa Langsung Terlihat Asap Hitam Pekat Masuk Ruangan


Tunjungan Plaza Terbakar : Saat Berbuka Puasa Langsung Terlihat Asap Hitam Pekat Masuk Dalam Ruangan


Kabar Surabaya - Berbuka Puasa adalah waktu yang ditunggu oleh mereka yang sedang berpuasa. Namun apa jadinya bila saat tiba akan menyantap hidangan yang tersedia, tiba-tiba terjadi bencana yang tidak diharapkan. Apalagi bila bencana tersebut mengancam keselamatan nyawa, tentu saja semua menjadi berantakan karena harus menyelamatkan diri.



Hal inilah yang kemarin terjadi di salah satu kantor yang berada di Pakuwon Center Kota Surabaya. Komplek perkantoran ini memang menjadi satu kawasan dengan pusat Perbelanjaan Tunjungan Plaza. Tunjungan Plaza sendiri memang terkenal sebagai salah satu Mall yang terbesar di Kota Pahlawan. Total ada 6 komplek Mall yang ada di dalamnya.


Bila ditilik dari lokasinya, Pakuwon Center ini persis bersebelahan dengan Tunjungan Plaza 6. Saat itu salah satu kantor yang ada di pakuwon Cenyer sedang mengadakan buka puasa bersama. Tepat 5 menit setelah Azdan Maghrib, tampak asap hitam pekat yang membumbung tinggi. Tidak lama kemudian di susul oleh jilatan api yang semakin membesar.


(17.47) "Saat itu persis kami sedang mengawali buka puasa, tiba-tiba dari jendela tampak asap hitam yang semakin lama semakin besar. bahkan satu jendela gedung sisi barat tertutup oleh asap hitam tersebut," terang salah satu karyawan di kantor tersebut. "Kebakaran yang terjadi memang tampak di atap gedung sebelah, sehingga awalnya kami tidak khawatir, namun tiba-tiba ada asap hitam yang masuk ke dalam gedung ruangan kantor kami, sehingga alarm langsung berbunyi dan kami semua langsung turun lewat tangga darurat," terangnya.

 

(18.05) Sesampainya dilantai dasar, rupanya suasana sudah terlihat ramai. Pada saat itu tampak dua pemadam kebakaran yang sedang melakukan penyemprotan. Kondisi jalan didepan Tinjungan Plaza tampak macet parah. Hinga akhirnya semua kendaraan diputar balik dan jalan langsung ditutup.

 

(18.07) Mobil Pemadam Kebakaran Raksasa milik Kota Surabaya tiba dilokasi. Selain itu tiba pula beberapa kendaraan pendukung seperti tanki air dan ambulance. Suasana tampak semakin menegangkan karena jikatan api masih terlihat dengan jelas. Puluhan mobil pemadam kebakaran juga tiba dilokasi pada waktu yang hampir bersamaan. Puluhan mobil berwarna merah tersebut terlihat memenuhi jalanan di depan Mall Tunjungan Plaza. Total ada 2 mobil pemadam kebakaran yang terjun ke lokasi.


(18.15) Bronto skylift mulai beroperasi dibantu dua unit lain yang bisa menjangkau dengan ketinggian diatas 50 meter lebih. Penyemprotan terus dilakukan dan api terlihat mulai mengecil. Beberapa petugas juga ada yang melakukan penyemprotan dari dalam gedung.


(21.35) Penyemprotan terus dilakukan guna membasahi lokasi agar tidak ada bibit api yang membesar kembali. Hingga malam berta ini ditulis tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kebakaran tersebut. Namun untuk kendaraan yang terparkir didalam gedung baru bisa diambil pada keesokan harinya dan pengelola Tunjungan Plaza menjamin semua kendaraan tetap aman.


Dari investigasi awal, titik awal kebakaran terjadi diatas atap TP 5 dimana terdapat semacam peralatan pendingin. Api langsung membesar karena terkena oleh atap gedung dan berjatuhan kebawah Kebakaran yang terjadi pada hari Rabu (13/-4/2022) ini bisa berhasil dipadamkan secara keseluruhan pada pukul 23.00wib(yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad