Tambal Jalan Berlubang Lewat Aplikasi, Bisa dan Cepet !! - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, April 11, 2022

Tambal Jalan Berlubang Lewat Aplikasi, Bisa dan Cepet !!

Tambal Jalan Berlubang Lewat Aplikasi, Bisa dan Cepet !!


Kabar Surabaya - Meskipun saat ini sudah memasuki masa Pancaroba, namun sesekali hujan dengan curah hujan tinggi masih sering turun. Bahkan beberapa diantaranya sangatlah tinggi dan mengakibatkan timbulnya genangan maupun banjir pada beberapa kawasan. Meskipun saat ini lamanya genangan air tidak selama yang terjadi pada masa sebelumnya, alias cepat surut. Dengan catatan air laut tidak dalam kondisi pasang.


Salah satu efek dari seringnya mengalami banjir atau genangan adalah rusaknya lapisan aspal pada permukaan jalan. Biasanya setelah tergenang oleh air dalam waktu lama, permukaan jalan akan mengalami retak. Selanjutnya alan berlubang kecil dan bila dibiarkan akan menjadi lubang yang cukup besar dan dalam.



Kondisi tersebut tentunya sangat membahayakan pengendara yang melintas dijalan tersebut. Terutama pengendara motor, mereka bisa kangsung terjatuh alias nyungsep bila lubangnya cukup dalam. Hal ini tentu bisa mengakibatkan kerugian, baik kerusakan motor maupun luka-luka pada pengendaranya. Kejadian tersebut tentunya tidak diharapkan oleh semua pihak. Namun jangan khawatir, saat ini Pemerintah Kota Surabaya telah sigap untuk melakukan perbaikan terhadap jalan-jalan yang rusak. Dinas Sumber Daya Air Dan Bina Warga akan cepat melakukan deteksi dan menambal jalan yang rusak

 

Tetapi dengan sumber daya yang terbatas, Pemkot tidak akan mampu untuk melihat semua jalan yang mengalami kerusakan tersebut. Oleh karena itu peran warga Kota Surabaya sangatlah diharapkan. Jadi, apabila warga menemukan jalan yang rusak dan berlubang, bisa langsung melakukan pelaporan secara instan. Jalan yang dilaporkan ini bisa dikawasan manapun, asalkan masih di Kota Surabaya.

 

Pelaporan bisa dilakukan melalui aplikasi yang bernama wargaku. Aplikasi ini bisa diunduh di Playstore dengan gratis. Langkah pelapora jalan rusak ini cukup mudah, setelah membuka aplikasi wargaku, langsung pilih menu Media Center

 

Lalu tombol tambahkan pengaduan, kemudian piljh kategori berupa keluhan. Kemudian pilih topik "jalan rusak dan berlubang". Sedangkan untuk kolom OPD, langsung diarahkan kepada Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga. Pada kolom pengaduan, tuliskan saja keluhan anda mengenai jalan berlubang tersebut, kalau bisa tulis perkiraan besar dan kedalamannya.

 

Seelah itu klik selanjutnya dan pelapor diwajibkan untuk mengisi alamat lengkap dimana jalan rusak tersebut berada termasuk Kelurahan dan Kecamatannya. (NB : tulis saja sepanjang anda mengerti lokasinya, bisa diancar-ancar). Lalu klik selanjutnya untuk mengupload foto jalan yang rusak tersebut. Kemudian kik simpan dan laporan anda akan segera di eksekusi.

 

Dari pengalaman Tim Kabar Surabaya sendiri, semenjak laporan diupload, tidak sampai 2x24jam jalan tersebut langsung ditambal dengan aspal mulus. Bahkan apabila disekitar jalan yang dilaporkan ada tanda-tanda jalan yang akan rusak, juga otomatis akan ditambal. Jadi, ayo kita berpartisipasi untuk mengurangi jalan yang rusak melalui aplikasi Wargaku. Semoga di Kota Pahlawan ini tidak ada korban akibat jalan yang berlubang (yyan)  

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad