Mulai Mei, Isi E-Money Bakal Kena PPN 11 Persen - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, April 15, 2022

Mulai Mei, Isi E-Money Bakal Kena PPN 11 Persen

Mulai Mei, Isi E-Money Bakal Kena PPN 11 Persen


Kabar Surabaya - Sebagaimana diketahui bersama, bahwasannya pemerintah dan DPR telah sepakat untuk menaikkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari 10% menjadi 11%. Kenaikan pajak ini akan mulai berlaku pada bulan Mei 2022 mendatang. Beberapa sektor bisnis, komsumsi dan usaha akan terdampak oleh kenaikan PPN tersebut. Sehingga masyarakat diharuskan membayar lebih, mulai awal bulan Mei nanti.

 


Salah satu sektor yang terkena dampak kenaikan PPN 11% ini adalah transaksi top-up uang elektronik/E-Money. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 69 Tahun 2022 mengenai PPh dan PPN atas Penyelenggaraan Teknologi Finansial yang berlaku mulai 1 Mei mendatang. Dalam Bab III yang mengatur tentang Perlakuan PPN Atas Penyelenggaraan Teknologi Finansial, dijabarkan bahwa penyediaan jasa pembayaran yang dimaksud berupa uang elektronik, dompet elektronik, gerbang pembayaran, layanan switching, kliring, penyelesaian akhir, dan transfer dana.

 

Kemudian, pada Pasal 7(2) dijelaskan, bahwa jenis layanan uang elektronik berupa pengisian ulang (top up), tarik tunai melalui pihak lain yang bekerja sama dengan penyelenggara dompet elektronik atau menggunakan channel lain, pembayaran transaksi, pembayaran tagihan, transfer dana dan atau layanan paylater.
 

 

Namun perlu diketahui, bahwa pengenaan pajak 11% ini hanya kepada jasa top-up atau jasa isi ulangnya saja, bukan kepada nilai transaksinya. Misalkan seseorang akan mengisi saldo e-Tol dengan nominal Rp 500.000. Pastinya saat pengisian nanti akan dikenakan biaya jasa atau aninistrasi sekitar Rp 2.000 sampai Rp 2.500. Nilai pajak 11% ini nantinya akan ditambahkan pada biaya administrasi tersebut. Bukan pada nilai transaksinya yang Rp 500.000.

 

Jadi, meskipun saldo e-moneynya diisikan berapapun, tidak akan mempengaruhi jumlah saldonya. Nilai saldo akan tetap sama sesuai dengan yang diisikan.  (yyan)  


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad