Kendaraan Luar Jatim Bisa Ikut Pemutihan Pajak Jawa Timur 2022 - Kabar Surabaya

Terbaru

Monday, April 4, 2022

Kendaraan Luar Jatim Bisa Ikut Pemutihan Pajak Jawa Timur 2022

Kendaraan  Luar Jatim Bisa Ikut Pemutihan Pajak Jawa Timur 2022

 

Kabar Surabaya - Info yang ditunggu oleh masyarakat Jawa Timur akhirnya tiba, yaitu kepastian dari pelaksanaan Program Pemutihan Pajak Daerah 2022. Sebenarnya program ini hampir setiap tahun selalu ada, namun biasanya pelaksanaannya dimulai pada akhir tahun, atau pada saat Hari Jadi Privinsi Jatim. Namun kali ini pelaksanaannya dipercepat pada saat Bulan Ramadhan.

 


Percepatan pelaksanaan Program Pemutihan Pajak Daerah 2022 ini menurut Gubenur Jatim Khofifah Indarparawansa dikarenakan untuk mengurangi beban masyarakat, khususnya pada saat Bulan Ramadhan. Menurutnya, saat ini kecuali minyak goreng, semua bahan pokok masih aman terkendali, baik untuk stok dan harganya. Angka penularan Covid-19 juga sudah melandai. Jadi dengan adanya pemberian insentif ini, diharapkan masyarakat bisa lebih tenang dalam menjalankan ibadah puasanya.

 

Program Pemutihan Pajak Daerah 2022 ini memiliki dasar Surat Keputusan Gubenur Jatim dengan Nomor 188/226/KPTS/013/2022. Pelaksanaannya akan dimulai pada tanggal 1 April 2022 sampai pada 30 Juni 2022. Praktis program ini akan berlaku selama tiga bulan lamanya. Sama seperti pelaksanaan sebelumnya, jenis insentif yang diberikan adalah pemutihan sanksi administrasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) serta pembebasan BBN kedua dan seterusnya. 

 

Sebenarnya Program Pemutihan Pajak Daerah 2022 ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat, namun juga sebagai upaya pemerintah guna mendongkrak potensi pajak di Jatim. Karena, sampai 14 Maret 2022 tercatat sebanyak 277.430 obyek telah mengalami peralihan hak kepemilikan atau lapor jual namun belum dilakukan balik nama kendaraan. Dengan asumsi 50 % dari potensi tersebut mengikuti program kebijakan pemutihan, dari sektor PKB akan dimanfaatkan oleh 138.715 wajib pajak.    

 


Menurut Gubenur Khofifah, kesadaran masyarakat Jatim untuk membayar pajak sangatlah tinggi. Apalagi saat ini pembayaran pajak sudah dipermudah melalui tekhnologi, sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang dan mengantri ke Samsat setempat. Pembayaran pajak bisa dilakukan lewat toko online atau yang paling praktis bisa ke Indomaret terdekat, karena semua sudah online.

 

Bagi masyarakat yang selalu rutin membayar pajak, jangan lewatkan hadiah istimewa berupa perjalanan ibadah umroh. Nantinya ada 30 oprang beruntung yang bisa mendapatkan hadiah ini, dari seluruh warga Jatim tentunya. Untuk tahap pertamanya, undian Umroh akan diundi pada Ramadhan kali ini. Jadi tunggu apalagi, segera manfaatkan Program Pemutihan Pajak Daerah 2022 ini. (jhy)


4 comments:


  1. HI! THANK YOU FOR THIS WONDERFUL BLOG THAT YOU'VE SHARED TO US.
    고스톱

    ReplyDelete
  2. HELLO! I LOVE THIS POST THAT YOU CREATED.
    THANK YOU...
    스포츠토토

    ReplyDelete
  3. THIS IS GREAT INFORMATION, THANKS FOR THIS BLOG!
    성인웹툰

    ReplyDelete
  4. HELLO, THIS IS GREAT BLOG FOR TODAY THAT I READ, THANKS FOR THIS!
    안전놀이터

    ReplyDelete

Post Bottom Ad