Hasil Sidang Isbat 2022, Penentuan Hari Pertama Puasa Akan Diputuskan - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, April 1, 2022

Hasil Sidang Isbat 2022, Penentuan Hari Pertama Puasa Akan Diputuskan

Hasil Sidang Isbat 2022, Penentuan Hari Pertama Puasa Akan Diputuskan


Kabar Surabaya - Beberapa saat lagi umat Muslim di indonesia akan menjalani ibadah puasa selama 30 hari kedepan. Guna menentukan kapan waktu yang tepat untuk memulai awal puasa, maka pemerintah menyelenggarakan Sidang isbat tahun 2022. Dalam Sidang Isbat ini pemerintah akan mengundang berbagai elemen organisasi Islam ditanah air untuk duduk bersama dan menentukan kesepakatan kapan awal puasa akan mulai dilaksanakan.

 


Pada hari Jum'at (01/04/2022) sore nanti, pihak Kementrian Agama akan menggelar Sidang Isbat tahun 2022 di Auditorium HM Rasjidi Kementrian Agama. Acara ini akan didahului dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag. Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya bahwa pemerintah akan menggunakan metode hisab dan Rukyatul Hilal dalam menentukan kapan puasa 2022 atau awal 1 Ramadhan 1443 H. 


Nantinya Hasil Hisab akan divalidasi terlebih dahulu dengan metode Rukyatul Hilal dengan melakukan pemantauan secara langsung ke sejumlah tempat di daerah yang dipilih. Rencananya, Rukyatul Hilal akan dilakukan di 101 titik di daerah Indonesia. Selanjutnya, hasil dari Rukyatul Hilal akan menjadi dasar dalam Sidang Isbat untuk menentukan kapan puasa 2022 atau awal 1 Ramadhan 1443 Hijriyah.

 

Dalam penentuan awal puasa 2022 atau penetapan awal 1 Ramadhan 1443 Hijriyah hari ini, ada tiga tahapan yang harus dilalui. Tahap pertama adalah pemaparan hasil hilal awal Ramadhan 1443 Hijriyah berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi, yang akan dilakukan oleh Tim Unifikasi Kalender Hiriyah Kemenag, mulai pukul 17.00 WIB sore nanti.

 

Tahap kedua adalah, pelaksanaan Sidang Isbat yang akan dilakukan oleh pihak Kemenag berdasarkan hasil dari Rukyatul Hilal. Tahap ini nantinya akan dilakukan secara tertutup usai sholat Magrib. Kemudian tahap ketiga adalah konferensi Pers untuk pengumuman hasil penetapan kapan puasa 2022 atau awal 1 Ramadhan 1443 Hijriyah. 

 

Provinsi Jawa Timur sendiri telah memiliki sebanyak   titik untuk melihat Hilal. Lokasi tersebut adalah  Provinsi Jawa Timur Bukit Condrodipuro Gresik, Pantai Sunan Drajat / Tanjung Kodok Lamongan, Bukit Banyu Urip Tuban, Ponpes Bayat Al Hikmah Pasuruan, Lereng Gunung Pandan Madiun, Bukit Wonocolo Bojonegoro, Pelabuhan Baru Probolinggo, Pantai Duta Bojonegoro, Pantai Bawean Gresik dan Ponpes Ibnu Syatir Ponorogo 

 

Selain itu lokasi pemantauan Hilal ada di Bukit Gumuk Klasi Indah Banyuwangi, Pantai Pancur Alas Purwo Banyuwangi, Pantai Serang Blitar, Bukit Wonotirto Blitar, Pantai Sapo Sumenep, Pantai Kalisangka Sumenep, Pantai Taneros Sumenep, Pantai Nyamplong Kobong Jember, Gunung Sadeng Jember,  Pantai Srau Pacitan,  Pantai Kasap Pacitan, Pantai Gebang Bangkalan, Ponpes Mambaul Ma'arif Jombang, Menara Masjid AlHidayah Kediri, Helipad AURI Ngliyep Malang, Pantai Pecinan Situbondo, dan Pantai Ambat Tlanakan Pamekasan.

 

Dari hasil Sidang Isbat 2022 ini, nantinya pemerintah akan memutuskan kapan hari pertama puasa ini akan dilaksanakan (yyan) 


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad