Siap-Siap , 28 Kawasan Surabaya Ini Akan Mengalami Krisis Air PDAM Dalam Waktu Dekat - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, March 26, 2021

Siap-Siap , 28 Kawasan Surabaya Ini Akan Mengalami Krisis Air PDAM Dalam Waktu Dekat


Siap-Siap , 28 Kawasan Surabaya Ini Akan Mengalami Krisis Air PDAM Dalam Waktu Dekat

 

Kabar Surabaya - Air bersih  sudah menjadi kebutuhan pokok bagi waga Kota Surabaya. Satu-satunya perusahaan yang memasok air bersih bagi warga Kota Surabaya adalah BUMD Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Swasembada. Meskipun saat ini kebanyakan masyArakat mengandalkan air kemasan untuk minum, namun dalam hal mandi MAupun keperluan lainnya, pasokan aie bersih dari PDAM tetap dibutuhkan.

 

PDAM Swasemba Kota Surabaya sendiri sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu. Hingga saat ini sudah hampir 100% warga Kota Surabaya yang telah mendpatkan pasokan air bersih dari BUMD ini. Peruisahaan ini juga sering memberikan diskon bagi masyarakat yang ingin melakukn pemasangan pipa air bersih di pemukimannya.

 


Umur perusahaan yang sudah puluhn tahun ini rupanya juga membawa resiko tersendiri bagi PDAM. Pipa-pipa yang berbahan logam ini rawan untuk mengalami keretakan. Hal ini tentunya bisa mengakibatkan kebocoran ai dalam jumlah banyak. Apalagi pipa-pipa tersebut ada yang diameternya mencapai 1 meter. 

 

Hal ini seperti kasus yang terjadi jembatan Jagir Wonokromo Surabaya. Pihak PDAM telah mendeteksi adanya kebocorn pipa berdiameter 800mm yang tertanam dibawah Jembatan tersebut. Rencananya perbaikan ini akan dilakukan pada hari Minggu (28/03/2021) mendatang, Sedangkan proses penggalian pipa akan di lakukan pada hari Sabtu (27/03/2021) besok

 

Pengerjaan pipa bocor sendiri akan dilakukan pada hari Minggu mulai pukul 10.00wib - hingga pukul 18.00wib. Akibat proses perbaikan ini, sebanyak 28 kawasan akan mengalami gangguan distribusi air. Gangguan ini bisa aliran air menjadi kecil hingga tidak mengalir sama sekali. Ke 28 daerah yang terdampak tersebut adalah :

1. Kawasan Panjang Jiwo, 

2. Kawasan Raya Darmo, 

3. Kawasan Dr. Sutomo, 

4. Kawasan Embong Malang, 

5. Kawasan Keputran, 

6. Kawasan Panglima Sudirman, 

7. Kawasan Ambengan, 

8. Kawasan Pemuda, 

9. Kawasan Yos Sudarso, 

10. Kawasan Undaan, 

11. Kawasan Gembong, 

12. Kawasan Raya Pegirian, 

13. Kawasan DBL Ujung, 

14. Kawasan Wonokusumo, 

15. Kawasan Bulak Banteng, 

16. Kawasan Wonosari, 

17. Kawasan Banyu Urip, 

18. Kawasan Kembang Kuning, 


19. Kawasan Raya Diponegoro, 

20. Kawasan Kartini, 

21. Kawasan Raya Arjuno, 

22. Kawasan Pandegiling, 

23. Kawasan Kedung Doro, 

24. Kawasan Tempel Sukorejo, 


25. Pot trots, 

26. Kalibutuh, 

27.Kawasan Semarang, 

28. Kawasan Krembangan, dan sekitarnya 

 

Selama masa perbaikan ini pihak PDAM juga berjanji akan memberikan suplay air bersih yang akan dikirimkan melalui mobil tanki. Satu mobil tanki ini bisa melayani kebutuhan hingga 7 rumah. Masyarakat yang membutuhkan air tangki gratis bisa menghubungi Call Center PDAM 0800-192-6666 (Bebas Pulsa) dikoordinir Ketua RT setempat.(YYAN)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad