Puluhan Rumah Rusak dan Empat Orang Warga Dilarikan ke Rumah Sakit Akibat Ledakan Di Kilang Pertamina - Kabar Surabaya

Breaking

Monday, March 29, 2021

Puluhan Rumah Rusak dan Empat Orang Warga Dilarikan ke Rumah Sakit Akibat Ledakan Di Kilang Pertamina

Puluhan Rumah Rusak dan Empat Orang Warga Dilarikan ke Rumah Sakit Akibat Ledakan Di Kilang Pertamina


Kabar Surabaya - Pada Hari  Senin (29/03/2021) dini hari tadi, warga yng tinggal dikawasan, Indramayu, Jawa Barat, merasakan kaget yang luar baisa. Di saat sebagian warga masih tertidur lelap, tiba - tiba saja mereka merasakan gempa. Hal ini sontak membuat mereka berlarian ke depan rumahnya masing-masing guna menyelamatkan diri.


Lantas, dari kejauhan warga melihat adanya kobaran api yang membubung tinggi. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Suci yang melihat kobaran api yang menyala dari kejauhan. "Kalau dari sini, jaraknya memang jauh, tapi api kelihatan kelihatan dengan sangat jelas," terang Suci.



Rupanya sumber api besar tersebut berasal dari ledakan yang ada di kilang minyak milik Pertamina VI Balongan. Ledakan dan kebakaran dari kilang minyak yang berjarak 200km di timur Jakarta ini juga merusak beberapa rumah wrga yang ada disekitarnya. Beberapa rumah warga ada yang dindingnya retak, kacanya pecah dan plafon yang ambrol.


Hal ini seperti yang diutarakan oleh Daroni (60), warga Blok I Simpang Tiga, Desa Majakerta, Kecamatan Balongan  Kediamannya tampak retak dan terkelupas pada bagian dindingnya.  Sedangkan Dariyah yang tinggal di RT 012, RW 001 Blok Simpang Tiga juga mengalami hal yang serupa.

 

Plafon rumah milik Dariyah terlihat runtuh dan kacanya pecah. "Saya waktu itu masih tidur. Terus saya terbangun karena kaget. Saat itu plafon seperti runtuh saat ada getaran. saya kira terjdi gempa bumi, ternyata berasal dari kilang minyak Pertamina Balongan. Saat itu saya langsung keluar, sebab takut kalau rumah roboh," ujar Dariyah.

 

Pihak Pertamina sendiri menjelaskan, bahwa kilang yang terbakar ini adalah Tanki T-301G. Kejadiannya pada pukul 00.45wib  saat hujan deras dan banyak terjadi petir. Saat ini Pertamina telah melakukan Shut-Down pada Kilang tersebut dan akan memadamkannya secara berthap. Namun hingga saat ini masih belum diketahui apa penyebab pasti dari ledakan tersebut.

 

Demi keamanan warga sekitar, Pertamina telah melakukan evakuasi terhadap warga yang tinggal didekat Kilang Balongan ini. Kejadian ini juga mengakibatkan empat orang warga yang terkena luka bakar dan sekarang sedang dilakukan perawatan.

 

Kilang Balongan ini adalah kilang yang mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas untuk menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non-BBM dan Petrokimia. Kilang yang berdiri pada tahun 1994 ini berperan penting dalam psokan bahan bakar ke masyarakat. Meski demikian pihak Pertamina menjamin pasokan bahan bakar ke masyarakat tidak akan terganggu (yyan)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad