16 Daerah Di Jatim Rombongan Masuk Zona Kuning, Bagaimana Dengan Surabaya..? - Kabar Surabaya

Terbaru

Thursday, March 4, 2021

16 Daerah Di Jatim Rombongan Masuk Zona Kuning, Bagaimana Dengan Surabaya..?

16 Daerah Di Jatim Rombongan Masuk Zona Kuning, Bagaimana Dengan Surabaya..?

 

Kabar Surabaya - Saat ini semua wilayah di Indonesia sedang giat melaksanakan kegiatan Vaksinasi COVID-19. Penyuntikan Vaksin ini dilakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan skala prioritas yang telah ditentukan. Saat ini penyuntikan vaksin sudah dilakukan pada kelompok lansia dan para Aparatur Sipil Negara (ASN).

 

Namun, perlu diingat, bahwa penyuntikan vaksin ini bukanlah satu - satu cara agar masyarakat bisa terhindar dari wabah Virus Corona ini. Protokol kesehatan seperti Memakai Masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan sesering mungkin, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilisasi tetap harus dilaksanakan secara ketat. Hal ini agar masyarakat bisa memutus mata rantai penyebaran Virus Corona ini.



Dari kegiatan penyuntikan vaksin COVID-19 yang telah dilakukan, rupanya Provinsi Jawa Timur telah melakukan penyuntikan terhadap 510.027 orang. Dengan capaian ini, maka dipastikan Provinsi Jatim menjadi peringkat pertama dalam hal penyuntikan Vaksin COVID-19.  Kemudian ada Provinsi Jawa Tengah yang telah menyuntik 435.059 orang. Sedangkan Provinsi Jawa Barat telah menyuntik 300.410 orang dan DKI Jakarta dengan 251.179 orang.

 

Hingga saat ini status Provinsi Jawa Timur masih tetap melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Status ini akan berakhir tanggal 8 Maret mendatang. Sampai saat ini masih belum diketahui apakah status PPKM ini akan diperpanjang atau tidak. Atau mungkin ganti dengan istilah baru lagi...? hehe..


Namun dari hasil penerapan PPKM Mikro ditambah dengan penyuntikan vaksin, hasilnya membawa dmpak yang sangat positif. Hal ini dapat dilihat dari laman http://infocovid19.jatimprov.go.id/ milik Pemerintah Povinsi Jawa Timur. 

 

Dari Peta resiko yang ada, terdapat 16 Kabupaten/Kota yang telah berubah menjadi Zona Kuning. Dengan capaian ini maka 42% kawasan Provinsi Jawa Timur sudah masuk ke dalam resiko rendah penularan Virus Covid-19.

 

Kabupten/kota yang berhsil masuk kedalam Zona Kuning ini adalah Tulungagung, Malang, Lumajang, Jember. Bondowoso, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Kota probolinggo, Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, Mojokerto, Bojonegoro, Lamongan dan Bangkalan. 

 

Sedangkan Kabupten/Kota yang masih berada dalam Zon Orange adalah Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Blitar, Kediri, Banyuwangi, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Malang, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Surabaya, Kota Batu, Sidoarjo, Jombang, Nganjuk, Madiun, Magetan,
Ngawi, Tuban dan Gresik, Termasuk juga Kota Surabaya yang menjadi Juara Bertahan di dalam Zona Orange atau penularan dengan resiko sedang. (yyan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad