Ratusan Bungkus Nasi Tersebar Dari Masjid Al-Muslimun Rungkut Barata - Kabar Surabaya

Breaking

Monday, February 22, 2021

Ratusan Bungkus Nasi Tersebar Dari Masjid Al-Muslimun Rungkut Barata

Ratusan Bungkus Nasi Tersebar Dari Masjid Al-Muslimun Rungkut Barata


Kabar Suabaya - Pada masa Pandemi COVID-19 seperti saat ini, semua kegiatan harus dibatasi. Apalagi pemerintah pusat masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga bulan Maret 2021 mendatang. Oleh karena itu masyarakat harus bisa menyesuaikan diri dengan segala pembatasan tersebut agar kegiatan masyarakat bisa tetap terlaksana meski ditengah pandemi.

 

Pembatasan karena Pandemi ini juga dilakukan oleh Yayasan Masjid Al-Muslimun yang berlokasi di Perumahan Rungkut Barata Surabaya. Salah satu kegiatan yang harus mendapatkan penyesuaian disaat pandemi ini adalah Kegiatan Jum'at Berkah. 

 


Kegiatan Jum'at Berkah ini merupakan agenda yang dilaksanakan secara rutin pada Hari Jum'at tepat setelah Sholat Jum'at selesai dilaksanakan. Formatnya, semua jema'ah akan diundang untuk menikmati hidangan makan siang yng disajikan secara khusus oleh para Ibu-Ibu yang tergabung dalam Biro Kegiatan Wanita. Hidangan makan siang ini disajikan diatas piring dan jema'ah bisa mengambilnya dengan berbaris teratur.


Kegiatan Jum'at Berkah ini sempat berhenti dilaksanakan saat Masjid Al_Muslimun mengalami penutupan total (Lockdown) pada awal pandemi tahun lalu. Setelah Masjid Al-Muslimun diperbolehkan untuk buka dengan kapasitas terbatas, maka Biro Kegiatan Wanita yang di komandani oleh Triyani Dyah Ratnasari ini lalu berembuk dengan pengurus Masjid Al-Muslimun untuk mencari format yang tepat bagi kegiatan Jum'at Berkah ini.

 

 

Karena apabila dipaksakan dengan memakai format yang lama, maka berpotensi akan melanggar Protokol kesehatan berupa jaga jarak. Setelah melakukan rapat secara intensif, akhirnya pengurus Masjid Al-Muslimun sepakat untuk membuka kembali kegiatan Jum't Berkah ini dengan format yang baru. 

 

Format yang baru ini adalah dengan mengantarkan sajian yang biasanya dimakan langsung di masjid ke rumah para jema'ah. Sajian ini nantinya akan berupa nasi bungkus yang siap diantarkan dengan cepat ke rumah jama'ah setiap Hari Jum'at pagi.


Rupanya penyebaran nasi bungkus ini tidak hanya untuk jama'ah Masjid Al-Muslimun yang ada di Perumahan Rungkut Barata saja. Namun sudah semakin luas ke wilayah lainnya seperti dikawasan Rungkut Menanggal RW01, RW02 dan sekitar Kecamatan Gunung Anyar Surabaya. 

 

Tidak main-main, setiap pelaksanaan Jum'at Berkah ini Yayasan Masjid Al-Muslimun mengedarkan 200 nasi bungkus ke masyarakat. Nasi bungkus ini diantarkan langsung kerumah warga oleh 4 orang ibu-ibu dari Biro Kegiatan Wanita setiap pagi.

 

Triyani Dyah Ratnasari atau yang akrab dipanggi Nana menjamin menu nasi bungkus yang dibagikan ini sudah memenuhi standart kesehatan yang sangat baik. Karena, sebagian nasi bungkus tersebut dimasak sendiri oleh anggotanya dan sebagian membeli dari jema'ah yang kebetulan menjual nasi bungkus. 

 

Proses pemasakan nasi bungkus dalam Kegiatan Jum'at Berkah ini dilakukan dirumah masing-masing anggotanya dan dikumpulkan di Masjid Al-Muslimun pada pukul 08.00wib untuk langsung disebarkan. Hal ini berbeda pada saat sebelum pandemi COVID-19 melanda, pada waktu itu, Ibu-ibu dari Biro Kewanitaan ini memsak langsung di dapur masjid sejak pukul 04.00wib.

 


Mengenai suka dukanya menjadi koordinator Nana mengungkapkn lebih banyak sukanya dan belum menemui kendala yang menjadi sukanya. 

"Lebih banyak sukanya, bisa menjalin silaturhmi dengan banyak orang dan bisa belajar banyak resep masakan baru, untuk dukanya hingga hari ini dan InsyaAllah sampai kedepannya jangan sampai ada," tuturnya kepada Kabar Surabaya. 

 

Dalam kesempatan ini, Nana juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para jema'ah dari Masjid Al-Muslimun yang telah menjadi donatur setia Kegiatan Jum'at Berkah ini. Semoga kegiatan ini akan menjadi berkah untuk semuanya (yyan) 


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad