Mau Isi Bensin, Cek Dulu Status Pom Bensinnya, Ternyata Tidak Semua Bisa Disamakan - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, December 8, 2020

Mau Isi Bensin, Cek Dulu Status Pom Bensinnya, Ternyata Tidak Semua Bisa Disamakan


Mau Isi Bensin,,?, Cek Dulu Status Pom Bensinnya, Ternyata Tidak Semua Bisa Disamakan


Kabar Surabaya - Pertamina sebagai pengelola minyak dan gas milik negara masih merupakan perusahaan yang sangat mendapatkan tempat dihati masyarakat. Melalui Stasiun Pompa Bahan Bakar Umum (SPBU) yang posisinya sudah tersebar luas di seantero negeri, Pertamina selalu memberikan pelayanan untuk masyarakat luas. Terutama bagi mereka yang ingin mengisi banan bakar untuk kendaraannya.


Meskipun saat ini sudah banyak bermunculan para pesaingnya, namun posisi SPBU Pertamina masih tetap ramai. Bahkan tidak jarang terdapat antrian panjang, terutama pada saat jam-jam berangkat dan pulang kerja. Sedangkan para pesaingnya, seperti Shell, AKR maupun Petronas terlihat lebih sepi, meskipun pelayanan staffnya relatif lebih bagus.

 


Sedangkan untuk SPBU Pertamina ini, untuk pelayanan staff-nya terbilang bervariasi. Ada SPBU yang bangunan fisiknya sangat bagus dan lengkap fasilitasnya. Namun adapula yang bangunan fisiknya hanya sekedarnya saja, bahkan dispenser SPBU-nya terbilang cukup jadul. Begitu juga dengan dengan pelayanan staff-nya. Ada yang sangat sempurna, namun ada yang hanya cukup mengisi BBM ke tanki kendaraan saja.

 

Rupanya kondisi tersebut sangat erat kaitannya dengan status dari SPBU Pertamina itu sendiri. Mungkin tidak banyak masyarakat yang paham, bahwa SPBU Pertamina ini sebenarnya dibagi menjadi 3 golongan. Ketiga golongan ini dibagi menurut sistim kemepilikan dan kerjasama antara pihak Pertamina dengan pihak ketiga selaku pengelolanya.

 

Ketiga jenis SPBU ini dikenal dengan istilah Corporate Owner Corporate Operate (COCO), Corporate Owner Dealer Operate (CODO), dan Dealer Owner Dealer Operate (DODO). Kategori COCO berarti SPBU tersebut di kelola oleh Pertamina secara langsung. Pada SPBU ini seragam staffnya tidak hanya berwarna merah. Mereka ada yang memakai seragam berwarna hitam maupun hijau muda. Biasanya SPBU ini juga dilengkapi oleh swalayan yang bernama Bright.

 

Untuk kategori SPBU CODO ini, berarti kepemilikan SPBU tetap di tangan Pertamina, namun operasionalnya sudah diserahkan oleh pihak ketiga. Sedangkan untuk kategori SPBU DODO, seluruhnya sudah di miliki oleh oleh swasta. 

 

Dari kejauhan-pun masyarakat bisa dengan mudah membedakan kategori dari SPBU ini. Juka melihat papan informasi daftar harga dari masing-masing SPBU, maka terdapat keterangan berupa nomor pada bagian atas. Dua angka paling depan menunjukkan kategori dari SPBU tersebut. Untuk Kota Surabaya angka paling depan berupa angka 5. Dua angka dibelakangnya adalah kode dari kategori dari masing-masing SPBU.

 

Sedangkan keterangan dibelakangnya terdapat kode angka 1 dan 4. Maka, jika ada kode 51 maka SPBU itu berjenis COCO yang dikelola langsung oleh Pertamina. Jika kedua kode tersebut adalah 54 maka SPBU tersebut di kelola oleh pihak ketiga.   

 


Meskipun pelayanan SPBU ini terbagi menjadi tiga kategori, namun pihak Pertamina memastikan bahwa pelayanan ketiganya tetap sama. Ketiga jenis SPBU ini juga tetap melayani masyarakat dengan motto Pasti Pas. (yyan)  


1 comment:

Post Bottom Ad