Ruas Jalan Ini Terpantau Macet Saat Demonstrasi Tolak UU Omnimbus Law - Kabar Surabaya

Breaking

Tuesday, October 6, 2020

Ruas Jalan Ini Terpantau Macet Saat Demonstrasi Tolak UU Omnimbus Law


Ruas Jalan Ini Terpantau Macet Saat Demonstrasi Tolak UU Omnimbus Law 


Kabar Surabaya - Pada Hari Senin (05/10/2020) kemarin, Pemerintah dan DPR telah sepakat untuk mengesahkah Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja menjadi Undang-Undang Cipta Kerja atau yang disebut juga Omnimbus Law. Pengesahan undang - undang tersebut bisa dikatakan lebih cepat daripada pengesahan undang-undang lainnya. Meskipun saat ini pemerintah masih berupaya secara serius untuk melakukan penanganan terhadap pandemi COVID-19, namun pembahasan undang-undang ini masih tetap dilaksanakan secara serius pula. 

 

Sayangnya, selama masa pembahasan dari RUU Cipta Kerja ini, beberapa elemen buruh dan beberapa fraksi di DPR, ada yang tidak sepakat mengenai isi dari undang-undang tersebut. Sehingga sempat menimbulkan penolakan dari kalangan buruh. Meski demikian, RUU ini tetap disahkan menjadi undang-undang, meskipun diwarnai oleh penolakan dari Partai Demokrat dan Partai PKS.

 

Selain Partai Demokrat dan Partai PKS, penolakan ini juga dilakukan oleh para buruh yang menjadi tema dari RUU Omnimbus Law tersebut. Dengan penerapan UU Ombimbus Law ini, para buruh sangat khawatir terhadap masa depan mereka diperusahaan. Sebab menurut pihak buruh, undang-undang ini lebih memihak kepada para pengusaha, dibandingkan dengan buruh. 

 

Hal inilah yang akhirnya memicu pihak buruh untuk melakukan aksi demo dengan turun kejalan guna menyuarakan untuk menolak UU Omnimbus Law ini. Tidak main-main, rencananya demo buruh ini akan dilakukan selama tiga hari berturut-turut, yaitu mulai Hari Selasa (06/10/2020) hingga pada Hari Kamis (08/10/2020) mendatang.

 

Aksi demo buruh ini juga berlangsung di Kota Surabaya, yang agendanya sudah tersebar luas melalui aplikasi Whatsapp grup. Isi dari pesan tersebut adalah titik-titik lokasi dimana aksi demo ini akan dilakukan. Beberapa lokasi tersebut adalah : 

1.Pukul 08.00 wib kegiatan dimulai dari Omah perjuangan Brebek Waru Surabaya.
sasaran : kawasan Rungkut Industri / SIER Giat Roadshow / sosialisasi tentang ajakan mengikuti giat penolakan Omnimbus Law oleh FSPMI (Federasi Serikat Pekerja Metal ndonesia) Surabaya.
 

 

2. Pukul 08.00 wib kegiatan dipusatkan di Kantor DPRD Prov. Jatim Jl. Indrapura Surabaya. Aksi unjuk rasa dari APBS (Aliansi Pekerja Buruh Surabaya) dengan tuntutan tolak RUU Omnimbus Law.


3. Pukul 08.00 wib di depan Galaxi Mall Jalan. Ir. Soekarno Surabaya Aksi unjukrasa dari SBK KASBI (Serikat Buruh Kerakyatan Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia) dengan pihak perusahaan. 

4. Pukul 08.00 wib di depan Nur Pacific Resto dan Karaoke Jl. Adityawarman No. 59 – 63 Surabaya Aksi unjukrasa dari KEP SPSI ( Kimia Energi Pertamabangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia ) Surabaya terkait adanya konflik dengan pihak perusahaan.
 

5. Pukul 08.00 wib didepan PT. Warna Warni Jl. Wonorejo II / 99 Surabaya dan PT. Hasil Abadi Perdana Jl. Rungkut Industri Surabaya. Aksi unjukrasa dari RTMM SPSI Jatim dengan tuntutan tolak RUU Omnimbus Law dan Tolak PHK. 

 

6. Pukul 08.00 wib di depan PT. Surya Agung Indah Megah (SAIM) Jl. Kranggan 107 – 109 Surabaya Aksi unjukrasa dari NIBA SPSI (Niaga dan Perbankan Srikat Pekerja Seluruh Indonesia) Surabaya terkait konflik antara pekerja dengan perusahaan. 

 

7. Pukul 09.00 wib di depan AJB Bumiputra 1912 Jatim Jl. Raya Darmo No. 155 – 159 Surabaya Aksi unjuk rasa dari Korban AJB Bumiputra 1912 Jatim dengan tuntutan segera membayar klaim Nasabah yang sudah jatuh tempo. (yyan)           


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad