Pemkot Surabaya Kembangkan Transportasi Baru Berbasis Bike Sharing - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, September 1, 2020

Pemkot Surabaya Kembangkan Transportasi Baru Berbasis Bike Sharing

Pemkot Surabaya Kembangkan Transportasi Baru Berbasis Bike Sharing


Kabar Surabaya - Meskipun saat ini Kota Surabaya masih masuk dalam Zona Merah sebaran Virus COVID-19, namun semangat masyarakat untuk berolahraga tidaklah surut. Bahkan saat ini masyarakat sangat mengandrungi olehraga di luar rumah dengan menggunakan sepeda angin. Fenomena masyarakat bersepeda ini sudah mulai tampak sesaat setelah Kota Surabaya lepas dari masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Fenomena masyarakat yang aktif bersepeda (gowes) ini rupanya mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Kota Surabaya. Melalui Dinas Perhubungan Kota Surabaya Pemerintah Kota Surabaya telah menyiapkan inovasi transportasi terbaru bagi wargaya. Transportasi ini berbasis sepeda angin yang diberi nama Bike Sharing.

Konsep dari Bike Sharing sendiri sebenarnya sudah banyak diterapkan di berbagai negara. Terutama dinegara yang masyarakatnya masih banyak menggunakan sepeda sebagai alat transportasi jarak pendeknya. Negara seperti China dan Jepang adalah termasuk diantara negara yang telah mengaplikasikan Konsep Bike Sharing bagi masyarakatnya.

Pada prakteknya, dengan adanya Bike Sharing ini, masyarakat bisa memakai sepeda yang ada dengan sistim sewa. Nantinya akan ada aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui berapa harga sewa dari sepeda angin ini. Kemungkinan juga akan diukur berdasarkan jarak maupun waktu pemakaiannya.  

Sebelum menyewa sepeda ini, pengguna harus menginstal dulu aplikasi yang dibutuhkan. Kemudian saldo harus ada minimal Rp50.000 agar nantinya bisa membuka gembok dengan menggunaka QR Code. Namun nanti juga ada gembok manual yang disiapkan untuk mengunci sepeda setelah dipakai. Untuk langkah keamanan, sepeda ini juga akan dilengkapi dengan GPS. Dan perlu diketahui, bahwa sepeda ini murni sepeda angin bukan sepeda listrik. 

Sepeda yang ada dalam program Bike Sharing ini akan dilengkapi dengan keranjang untuk meletakkan barang. Sedangkan pada rodanya sudah menggunakan teknologi ban mati. Yaitu ban yang tidak perlu ditambahkan angin untuk mengendarainya. 

Titik parkir untuk Bike Sharing ini juga telah disiapkan, lokasinya berada pada titik strategis di Kota Surabaya. Di antaranya, Halte, Terminal, Kantor Pemerintahan,Taman, simpul transportasi yang terintegrasi dengan angkutan umum lainnya,  Gedung Parkir, dan Fasilitas Umuum lainnya. Setelah menggunakan sepeda, pengguna wajib mengembalikannya ke titik parkir yang tersedia. Kalau tidak, maka pengguna akan bisa dikenakan denda.

Nantinya di setiap titik parkir ini akan ditempatkan petugas yang akan menjaga dan memeriksa masyarakat yang akan menyewa sepeda. Petugas akan selalu mengungatkan pemakai sepeda ini untuk tetap memakai masker dan menggunakan hand sanitizer sebelum menggunakan sepeda.

Saat ini Pemkot Surabaya telah menyiapkan titik - titik parkir yang akan berintegrasi dengan konsep Bike Sharing ini. Titik parkir tersebut antara lain :
  1. Jalan Tunjungan dekat Halte Siola
  2. Jalan. Wijaya Kusuma
  3. Jalan. Jimerto
  4. Jalan. Basuki Rahmat dekat Halte Tunjungan Plaza
  5. Jalan. Basuki Rahmat dekat Halte Hotel Bumi
  6. Jalan. Mayjend. Sungkono dekat Halte Vida
  7. Jalan. Mayjend Jonosewojo
  8. Jalan. Gubeng dekat Taman Lansia
  9. Jalan. Sulawesi
  10. Gedung Parkir Genteng Kali
  11. Taman Surya
  12. Grahadi / Balai Pemuda
  13. KFC Basuki Rahmat
  14. Taman Bungkul
  15. Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ)
  16. Kebun Binatang Surabaya (KBS)
  17. Taman Bambu Runcing Sisi Timur
  18. Delta Plaza
  19. Halte Dukuh Menanggal
  20. Halte Graha Pena
  21. Halte Royal Plaza
  22. Park & Ride Mayjend Sungkono
  23. Gedung Parkir Adityawarman
  24. Gedung parkir Lapangan Hoki
  25. Stasiun Gubeng Lama
Program Bike Sharing ini akan segera diresmikan oleh Pemkot Surabaya pada pertengahan Bulan September dan selama masa sosialisasi masyarakat bisa menggunakannya secara gratis. (yyan)

3 comments:

  1. Although some electric bikes will charge themselves while you pedal, most will not. Your folding bikes 2022 might be a model that does recharge itself when you pedal. best The best benefit of them is that these are the best folding electric bike.

    ReplyDelete
  2. Next time when damage occurs to your chopper parts, you will think twice to buy new body parts. The best option at this time is to go for used motorcycle parts. They will help you to save your money greatly. You can see that when you get your vehicle repaired, it costs you less with used motorcycle parts.

    ReplyDelete

Post Bottom Ad