Pasar Kapasan Surabaya Mendadak Ditutup Akibat Corona - Kabar Surabaya

Terbaru

Saturday, April 4, 2020

Pasar Kapasan Surabaya Mendadak Ditutup Akibat Corona

Pasar Kapasan Surabaya Mendadak Ditutup Akibat Corona

Kabar Surabaya - Penyebaran Virus Covid-19 yang semakin merajalela membuat semua pihak berdaya-upaya untuk mengantisipasinya. Saat ini semua pihak sangat penuh waspada dan berhati-hati guna menekan laju penyebaran penyakit yang telah membuat susah warga dunia.


Hal ini juga terjadi di Kota Surabaya, dimana saat terjadi wabah Covid-19 ini, hampir semua kegiatan masyarakat terhenti. Mulai dari pendidikan, pekerjaan, nahkan ke perniagaan. Saat ini hampir semua pusat perbelanjaan/Mall mengalami dampak dari virus Corona. Hampir semua tenant di mall mulai meliburkan diri akibat sepi pembeli.

Namun, tidak hanya mall/retail modern yang terkena dampak dari Virus Corona ini. Pasar busana tradisional Kapasan juga terkena imbas dari serangan virus yang berasal dari Tiongkok ini. 


Hanya saja penutupan Pasar Kapasan ini bukan dikarenakan sepi oleh pembeli, melainkan di tutup secara mendadak oleh PD.Pasar Surya. Penyebab ditutupnya pasar yang terletak di Jalan Kapasan ini dikarenakan ada seorang yang berkegiatan di Pasar Kapasan ini dinyatakan positif Covid-19.

Proses penutupan Pasar Kapasan ini berjalan cukup tenang dan tanpa halangan sedikitpun dari para pedagang. Para pedagang cukup paham dengan situasi yang ada, namun mereka meminta waktu untuk mengemasi barang dagangan yang ada di stand mereka yang tersebar mulai dari lantai 1 hingga lantai 3.


Sebelum proses penutupan ini berlangsung pihak PD.Pasar Surya juga telah membagikan surat edaran dengan nomor SU - 758 / 01 / IV / 2020 yang ditujukan kepada seluruh pedagang di Pasar Kapasan Surabaya.

Isi dari surat edaran tersebut adalah, Dengan surat ini kami ingin menginformasikan bahwasanya terdapat salah satu orang yang kesehariannya beraktifitas di Pasar Kapasan yang saat ini dinyatakan confirm Covid-19. Maka dari itu, demi kebaikan bersama antara pedagang, pembeli dan pengunjung, PD Pasar Surya akan menutup kegiatan di Pasar Kapasan Surabaya minimal 14 hari terhitung sejak tanggal 4 April 2020.


Zaini, selaku Humas dari PD Pasar Surya menuturkan bahwa penutupan total akan dilakukan pada hari Minggu (5/04/2020) mendatang. Pedagang masih diberikan kesempatan untuk mengambil barangnya hingga hari Sabtu. Bagi pedagang yang menjual barang secara Online juga bisa mengambil barangnya setiap saat namun dengan prosedur kesehatan tertentu, misalnya dengan dilakukan penyemprotan terlebih dahulu.

Setelah diumumkan kepada para pedagang perihal penutupan Pasar Kapasan ini, pihak Pemkot Kota Surabaya langsung melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh penjuru pasar. Pihak Pemadam Kebakaran Kota Surabaya juga dikerahkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan ke pemukiman yang berdekatan dengan Pasar Keputran ini.


Muhibuddin selaku Direktur Teknik dan Usaha dari PD Pasar Surya menjelaskan bahwasanya para pedagang sudah peham akan keadaannya dan bisa bekerja-sama dengan baik.

"Disini kami berlomba dengan waktu, kami tidak ingin saat menjelang lebaran nanti kondisinya menjadi lebih buruk lagi. Sementara kita tutup dulu selama 14 hari, lalu kami akan pelajari lagi perkembangannya seperti apa nanti kedepannya," terang Muhibuddin. (Yanuar Yudhatama)


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad