Jumlah Wastafel Portable Hampir Mencapai 1000, Tetapi Banyak Dirusak - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, April 3, 2020

Jumlah Wastafel Portable Hampir Mencapai 1000, Tetapi Banyak Dirusak


Kabar Surabaya - Wabah pandemi dari Virus Corona ini sudah meluas dan menyebar ke seluruh penjuru dunia. Di Indonesia sendiri penyebarannya sudah hampir merata ke seluruh provinsi. Namun hal ini bukan berarti masyarakat harus menyerah, justru harus bersatu untuk melawan serangan dari Virus Covid-19 ini.



Sebagaimana diketahui bersama bahwasanya Virus Covid-19 ini, dapat menular dengan cara droplet. Artinya, seseorang dapat tertular oleh Virus Covid-19 ini dengan cara menyentuh benda / terkena secara langsung dengan cairan yang dikeluarkan oleh penderita corona. 


Agar seseorang dapat terhindar dari serangan Virus Covid-19 ini, maka menjaga kebersihan diri adalah kunci yang utama. Oleh karena itu mencuci tangan dan muka dengan benar di air yang mengalir wajib dilakukan sebelum memulai sesuatu atau sebelum menyentuh wajah. Hal ini dikarenakan, area wajah, seperti mata, hidung dan mulut adalah tempat masuknya Virus Covid-19 ke tubuh manusia.


Hal tersebut diataslah yang akhirnya membuat Pemerintah Kota Surabaya membangun ratusan Wastable Portable di seluruh penjuru Kota Surabaya. Wastable Portable ini dibuat agar warga Kota Pahlawan ini dapt melakukan cuci tangan dengan harapan dapat terbebas dari serangan Virus Covid-19. Hal ini juga sebagai ajang edukasi agar masyarakat senantiasa menjaga kebersihan dirinya.



Wastafel Portable milik Pemkot Surabaya ini merupakan kreasi dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Cipta karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR). Bentuk fisik dari Wastafel Portable ini memiliki tinggi 1,5 meter dan dilengkapi dengan tandon air plastik dengan kapasitas 550 liter. Perlengkapan dari Wastafel Portable ini meliputi kran air, tempat tissue, tempat sabun cuci dan wastafel singgle yang terbuat dari bahan alumunium. Pada bagian atas wastafel disertakan tata cara mencuci tangan dengan benar.


Wastafel Portable ini ditempatkan pada lokasi-lokasi umum dan strategis yang dapat dijangkau oleh banyak orang. Lokasi - lokasi tersebut adalah di depan mall/pertokoan, pasar tradisional, sekolah, balai RW, serta taman-taman kota. Jumlah titik yang telah dipasang Wastafel Portable ini telah mencapai 800 lebih dan masih akan di perbanyak lagi jumlahnya.



Dalam penyediaan Wastafel Portable ini, Pemkot Surabaya juga banyak dibantu oleh pihak swasta. Seperti dalam hal pengadaan sabun cuci yang di suplai oleh perusahaan swasta antiseptik sebanyak 700 liter.


Namun sayangnya belum satu bulan terpasang, Wastafel Portable ini ada yang mengalami kerusakan pada beberapa bagian. Bahkan beberapa bagiannya ada yang hilang dan indikasinya diambil dengan sengaja. Tempat sabun dan tempat tissue adalah perlengkapan yang banyak diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Uniknya juga ada orang yang mengambil kran tempat keluarnya air, padahal kran tersebut direkatkan kuat ke pipa paralon.



Rubben Rico selaku plt dari DPRKP-CKTR mengajak agar masyarakat juga bisa ikut menjaga adanya Wastafel Portable ini. Hal ini dikarenakan alat cuci tangan dan wajah portable ini sangat diperlukan untuk menjaga masyarakat dari wabah Virus Covid-19 ini.


Apabila nantinya masyarakat mengetahui kalau sabun dan tissue yang ada di Wastafel Portable ini habis, masyarakat bisa menghubungi ke nomor 112. Nantinya, setelah ada laporan, satgas Pemkot Surabaya akan melakukan pengisian ulang terhadap sabun cuci atau tissue tersebut. (Yanuar Yudha) 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad