Harapan Baru Disaat Angka Kesembuhan Melampaui Angka Kematian Akibat COVID-19 - Kabar Surabaya

Terbaru

Friday, April 17, 2020

Harapan Baru Disaat Angka Kesembuhan Melampaui Angka Kematian Akibat COVID-19

Harapan Baru Disaat Angka Kesembuhan Melampaui Angka Kematian Akibat COVID-19

Kabar Surabaya - Sejak pandemi wabah Virus Covid-19 ini merebak di indonesia, banyak para ahli yang mulai mengambil kesimpulan mengenai kapan serangan dari Virus Corona ini akan mencapai puncaknya. Hitungan para ahli ini ternyata  berbeda-beda berdasarkan metode pola hitungan yang mereka gunakan. Ada yang mengatakan bulan April, Mei, Juni ataupun Juli nanti penyebaran Virus Covid-19 ini akan mencapai puncaknya.


Pada hari Kamis (16/04/2020) kemarin, Pemerintah Republik Indonesia melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 kembali merilis data hariannya. Data yang dirilis menyebutkan bahwasannya masih terjadi lagi penambahan pasien yang dinyatakan positif COVID-19 sejumlah 380 pasien. Jumlah ini termasuk besar, mengingat pada hari-hari sebelumnya penambahannya hanya berkisar antara 200-300 pasien saja.

Sedangkan untuk angka kesembuhan pasien inilah yang saat ini paling menarik untuk di amati lebih lanjut. Hal ini dikarenakan angka kesembuhan pasien saat ini sudah melampaui dari angka kematian akibar Virus COVID-19.



Data yang di rilis oleh Gugus Tugas Persepatan Penanganan COVID-19 menyebutkan bahwa jumlah pasien yang telah dinyatakan sembuh total dari infeksi Virus Covid-19 ini mencapai 548. Sedangkan jumlah pasien yang dinyatakan meninggal hingga saat ini berjumlah 496 orang. Dari data ini terdapat selisih 52 pasien lebih banyak yang bisa disembuhkan.

Jika data total tersebut di breakdown, maka provinsi dengan jumlah kesembuhan paling banyak ada di Provinsi DKI Jakarta, yaitu 202 orang. Posisi kedua ditempati oleh Provinsi Jawa Timur dengan jimlah kesembuhan sebanyak 86 pasien. Sedangkan di Provinsi Sulawesi Selatan, terdapat 42 pasien yang telah disembuhkan dari Virus Covid-19.  


Kemudian di Provinsi Bali terdapat 32 pasien yang telah dinyatakan sembuh dari virus yang berasal dari Tiongkok ini. Sedangkan untuk Provinsi Jawa Barat sendiri menyumbang angka 28 pasien yang telah berhasil dismbuhkan.

Dengan data yang amat positif ini berarti bisa diperoleh sedikit gambaran dan harapan baru, bahwasannya Virus Covid-19 ini bisa disembuhkan. Virus ini juga bukanlah monster yang menyeramkan apabila masyarakat paham bagaimana menanganinya. 


Cara menanganinya-pun sangatlah sederhana, masyarakat cukup meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengkomsumsi vitamin atau minuman herbal, jaga jarak dengan orang lain sejauh 1.5 meter, janagn berkerumun, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, berdiam diri di rumah serta memakai masker apabila harus keluar rumah.  

Cara penanganan virus inilah yang terus digalakkan oleh pemerintah dan dituangkan dalam bentuj protokol kesehatan. Tentunya protokol kesehatan ini wajib kita patuhi agar bisa memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 ini dengan tuntas dan cepat. (Yanuar Yudha)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad