Cara Mengetahui Lokasi Kasus Positif Corona Dengan Radar Covid-19 - Kabar Surabaya

Terbaru

Wednesday, April 15, 2020

Cara Mengetahui Lokasi Kasus Positif Corona Dengan Radar Covid-19

Cara Mengetahui Lokasi Kasus Positif Corona Dengan Radar Covid-19

Kabar Surabaya - Saat ini sudah satu bulan lebih, sejak Indonesia dinyatakan mempunyai pasien yang positif terpapar oleh Virus Covid-19. Tepatnya mulai tanggal 02 Maret 2020 bulan lalu dengan pasien 01 dan 02. Saat ini kasus pasien yang dinyatakan positif Corona di Indonesia telah mencapai 4.800-an orang. Per-harinya bisa bertambah sekitar 200 sampai 300 orang.



Dalam rentang waktu satu bulan lebih ini banyak sekali informasi-informasi yang beredar menganai Virus Covid-19 ini. Baik itu di media massa maupun media sosial. Namun, sayangnya banyak informasi yang beredar juga menyesatkan, salah maupun terdapat unsur hoax. 

Untuk menghindari kesimpangsiuran data mengenai Covid-19 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur meluncurkan aplikasi chatbot Covid-19. Aplikasi ini bisa dibuka melalui android dengan alamat sebagai berikut : infocovid19.jatimprov.go.id/wacovid19.



Dengan meng-akses laman tersebut lewat hp android, maka otomatis akan tersambung dengan aplikasi chatbot Covid-19 milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Setelah gadget terhubung maka akan mendapatkan pesan sebagai berikut : "Selamat datang di Radar Covid-19 Jatim untuk respon cepat dan tanggap dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur terhadap wabah Covid-19. Silahkan balas dengan angka atau emoticon"

Terdapat Delapan menu layanan yang bisa di peroleh dari aplikasi Chatbot Covid-19 ini yang bisa diakses oleh pengguna. Pengguna Chatbot tinggal menuliskan angka pada layanan yang ingin didapatkannya pada kolom pesan. Setelah angka tersebut terkirim, secara otomatis akan muncul balasan pesan dari Chatbot tersebut.

Perli dipahami disini, bahwasannya Kasus positif ini bukan berarti POSITIF COVID19, namun bisa juga msih berstatus ODP maupun PDP.



Ke-8 layanan yang bisa diakses ini adalah sebagai berikut :

1. Cek Radar Covid -19 disekitarmu 
Dengan cara membagikan posisi pengguna saat ini, maka aplikasi ini akan memberikan petunjuk dimana letak kediaman dari pasien yang dinyatakan dengan kasus positif Virus Covid-19. Letak pasien ini akan ditandai dengan lingkaran merah. Ketika lingkaran merah tersebut kita klik, maka akan muncul informasi berupa Usia, jenis Kelamin, Kecamatan serta Kabupaten dimana pasien tersebut berada. Letak pasien ini akan ditunjukkan dengan peta digital Google Map, Namun identitas ini tetap akan merahasiakan nama serta alamat lengkapnya.

2. Data Terbaru Pesebaran COVID-19 di JATIM
Layanan ini akan memberikan informasi mengenai data kasus Corona di Jawa Timur. Data tersebut berupa jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP), Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Jumlah orang yang dinyatakan positif, sembuh dan meninggal dunia akibat Covid-19.



3 Apa saya ada Gejala?. Cek Up mandiri COVID-19
Layanan ini akan menghubungkan pengguna aplikasi dengan JATIM SELF ASSESMENT. Cek-up mandiri akan sangat memudahkan pengguna untuk memperkirakan, apakah dirinya sudah termasuk dalam kategori gawat darurat, beresiko tinggi, beresiko rendah, Layanan ini akan memberikan link untuk pemeriksaan mandiri tersebut.

4.Tanya Jawab, Curhat, Konsultasi di Fovid-19
Layanan Fovid-19 ini akan menjawab semua keluhan dan bebas bertanya apapun mengenai Covid-19 maupun konsultasi tentang virus Covid-19 ini. Semua pertanyaan anda akan dilayani oleh ribuan tenaga sukarelawan yang terdiri dari tenaga khusus dan mahasiswa kesehatan. Semua pertanyaan anda akan langsung dijawab dengan tuntas. 
Kalau dirasa masih kurang puas, anda bisa langsung menelpon dokter siaga dengan nomor 1500117.



5.Apa yang harus saya lakukan?
Layanan ini memberikan wejangan/nasehat mengenai bagaimana caranya agar masyarakat dapat terhindar dari Virus Covid-19. Nasehat ini seperti, tutup mulut ketika bersin atau batuk, selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, gunakan masker dan hand sanitiser, hindari kerumunan dan jangan keluar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak. 

6 Berita baik Tentang COVID-19
Layanan ini akan memberikan informasi mengenai inovasi, penemuan, keberhasilan, kesembuhan dan berita baik lainnya yang terjadi di sekitar pandemi Covid-19. 



7. Lapor Kejadian tentang Covid-19
Apabila pengguna menemui kejadian mengenai COVID-19 yang dirasa penting atau meresahkan masyarakat, maka bisa dilaporkan ke nomor 1500117. Bisa juga melaporkan pada forum yang telah di sediakan linknya pada layanan berikut.
Tim yang ada akan segera menindaklanjuti laporan ini dengan serius serta akan mengusahakan pemecahan masalahnya dilapangan nantinya.

8 Sebarkan Kebaikan ini
Pengguna juga bisa membantu pemerintah untuk menanggulangi wabah COVID-19 dengan cara membagikan aplikasi ini kepada teman, saudara ataupun orang yang terkasih. (Yanuar Yudha)     

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad