Awal Tahun 2020 Surabaya Punya Kolam Renang Bertaraf Internasional - Kabar Surabaya

Breaking

Wednesday, December 11, 2019

Awal Tahun 2020 Surabaya Punya Kolam Renang Bertaraf Internasional

Awal Tahun 2020 Surabaya Punya Kolam Renang Bertaraf Internasional

Kabar Surabaya - Sejak kolam renang Brantas diambil alih oleh pihak ketiga, praktis Pemerintah Kota Surabaya tidak mempunyai kolam renang lagi. Hal inipun disadari juga oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Walikota perempuan pertama di Kota Surabaya langsung meresponnya dengan membuat dua kolam renang berstandart Internasional. Salah satu dari kolam renang ini nanti sudah bisa digunakan oleh warga Kota Surabaya pada awal tahun 2020.


Pembangunan Kolam Renang ini merupakan rangkaian dari pembangunan fasilitas umum olahraga yang telah dibangun sebelumnya. Sebagaimana diketahui Kota Surabaya telah membangun banyak fasilitas publik di bidang olahraga. Fasilitas publik tersebut antara lain, lapangan basket, lapangan voly, lapangan futsal, lapangan atlettik (Thor), serta arena sirkuit untuk balap motor dan mobil. 

Proses pembangunan kolam renang Jambangan ini telah dimulai sejak bulan Juli 2019 dan rencananya akan selesai sepenuhnya pada bulan Februari 2020. Saat ini proses pembangunannya telah mencapat 90% dan khusus kolam renangnya tinggal dilakukan pemasangan dinding dasar kolam. Kolam renang Jambangan ini nantinya memang tidak akan memakai alas dari keramik melainkan alas khusus berupa membran yang harus didatangkan dari luar negeri. Walikota Surabaya Tri Rismaharini sengaja tidak ingin menggunakan keramik untuk melapisi dasar kolam. Hal ini dikarenakan alas keramik rawan mengalami pecah, sehingga bisa melukai perenang yang ada. 


Kolam renang Jambangan yang letaknya berada di dekat Universitas Merdeka Surabaya ini akan memiliki luas 15 meter x 20 meter. Sedangkan untuk kedalamannya mencapai 1,3 meter. Luas lahan keseluruhan yang akan digunakan untuk pembangunan kolam renang jambangan ini mencapai 1,2 hektar. Lahan seluas itu , nantinya akan dibangun beberapa fasilitas penunjang juga antara lain, area parkir, pusat jajanan UKM, area mandi dan ganti pakaian.

Kolam renang Jambangan ini nantinya juga akan dilengkapi dengan dua kolam tambahah. Kolam tambahan ini nantinya akan di gunakan untuk anak-anak, dengan kedalaman hanya 80cm dan kolam untuk bayi sedalam 30cm yang akan dilengkapi dengan air hangat. Namun pembangunan kolam tambahan ini akan dilangsungkan pada tahun 2020 mendatang. 


Saat ini Dinas Pemuda dan Olahraga yang diserahi tugas untuk mengelola kolam renang Jambangan ini masih mencari formula dan merancang peraturan daerah mengenai tarif retribusi yang akan dikenakan kepada pengunjung. 

Konsep resminya, kolam renang Jambangan ini akan ditujukan untuk anak SD dan SMP yang berada didalam naungan Pemerintah Kota Surabaya. Jadi, anak sekolah di Kota Surabaya bisa melakukan olahraga renang usai bersekolah. Mereka juga bisa melakukan ekstrakurikuler renang untuk menjaga kebugaran tubuhnya. 


Kolam renang jambangan ini nanti akan bertarif Gratis bagi siswa sekolah SD dan SMP se-Kota Surabaya. Nantinya anak-anak ini hanya tinggal menunjukkan kartu pelajar sebagai akses masuk ke dalam area kolam renang.

Pemkot Surabaya sendiri telah mempunyai program khusus pelatihan life skill renang untuk anak-anak. Program ini bersifat wajib bagi semua sekolah. Di harapkan anak-anak Kota Surabaya nantinya akan memiliki basic skill yang baik untuk menjaga keselamatan diri di dalam air. (Yanuar Yudha)    

  

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad