Serunya Menyusuri Sungai Kalimas Di Bawah Naungan Lampion Warna-Warni - Kabar Surabaya

Breaking

Monday, July 8, 2019

Serunya Menyusuri Sungai Kalimas Di Bawah Naungan Lampion Warna-Warni

Serunya Menyusuri Sungai Kalimas Di Bawah Naungan Lampion Warna-Warni

Kabar Surabaya - Sungai Kalimas adalah salah satu sungai di Kota Surabaya yang mempunyai nilai sejarah. Pada tahun 1920-an Sungai Kalimas merupakan jalur transportasi sungai yang sangat di minati. Kala itu, transportasi sungai malah lebih ramai daripada transportasi darat. Namun sayangnya saat ini transportasi sungai mulai tersisihkan.



Untuk menghidupkan kembali kejayaan dari Sungai Kalimas, Pemerintah Kota Surabaya mulai serius untuk melakukan revitalisasi. Revitalisasi Sungai Kalimas ini di awali dengan menjaga kebersihan sungai dari pencemaran dan sampah-sampah yang ada di dalamnya. 

Usaha revitalisasi Sungai Kalimas ini sudah di mulai ketika Walikota Surabaya Tri Rismaharini di angkat untuk pertama kalinya. Dan sekarang, di atas sungai terpanjang di Kota Surabaya ini, kita sangat jarang melihat sampah. Meskipun dari warnanya, masih terlihat keruh. Namun Sungai Kalimas ini sudah di rasakan tidak berbau menyengat.


Untuk kembali menggairahkan trasportasi Sungai Kalimas, Pemerintah Kota Surabaya mempunyai cara yang cukup unik. Salah satu caranya adalah dengan membuat wisata susur Sungai Kalimas. Dengan wisata ini, para wisatawan akan di ajak menyusuri Sungai Kalimas dengan menggunakan perahu boat. 

Wisata Susur sungai Kalimas ini terbuka untuk umum dan di bandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk dapat menikmati wisata Susur sungai ini, para pengunjung bisa datang ke dermaga Kalimas yang berada di dalam Taman Prestasi Surabaya. Taman Prestasi ini terletak di jalan Ketabang Kali No 6 Kota Surabaya. Apabila dari jalan Yos Sudarso (Balai Pemuda) langsung ke arah kiri menyusuri sungai Kalimas. Setelah kurang lebih 100 meter dari Mess Angkatan Laut Surabaya, Taman Prestasi bisa anda jumpai di sebelah kiri jalan.


Wisata susur Sungai Kalimas ini buka setiap hari, termasuk hari libur dan tanggal merah. Untuk tarif sekali naik, setiap penumpang akan di kenai retribusi sebesar Rp 4000. Tiket ini berlaku untuk usia 2 tahun ke atas. 

Jam operasional wisata susur Sungai Kalimas ini adalah :
  1. Hari Senin sampai Jum'at : wisata akan di buka mulai pukul 08.00wib hingga 15.00wib
  2. Hari Sabtu : wisata akan di buka pada sesi I pada pukul 08.00wib hingga pukul 13.00wib dan sesi ke II pada pukul 18.00wiib hingga 21.00wib.
  3. Hari Minggu : wisata akan di buka pada sesi I pada pukul 07.00wib hingga pukul 12.00wib dan sesi ke II pada pukul 18.00wiib hingga 21.00wib.

Perahu/boat yang di gunakan untuk Wisata susur Sungai Kalimas ini adalah perahu yang terbuat dari fiberglass. Bentuk perahu ini memanjang dengan cat yang berwarna-warni dan berhiaskan lampu LED yang juga berwarna- warni sehingga menambah keceriaan dari perahu yang di gunakan. Cahaya lampu LED dari perahu ini akan tampak cantik apabila terpantul di atas permukaan air.
   
Wisata susur Sungai Kalimas ini akan terasa lebih indah apabila di lakukan pada malam hari. Selain tidak tersengat oleh panas matahari, para pengunjung akan di bawa menyusuri sungai di bawah lampion-lampion warna-warni yang terbentang di atas permukaan Sungai Kalimas.


Keindahan Sungai Kalimas pada malam hari juga sering di pamerkan oleh para tamu dari luar negeri yang berkunjung di Kota Surabaya. Jadi tunggu apalagi, ayo kita berwisata di Kalimas. (Yanuar)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad